Wednesday, April 8, 2015

Smitten by Lumia

Sejak pertama kali punya hp kelas 6 SD (waw, 9 tahun lalu) sudah tak terhitung berapa kali aku ganti hp. Yah, mau diitung sebenernya bisa juga sih, cuma males aja saking banyaknya :"D Gantinya bukan karena aku orang techgeek yang ingin selalu catch up dengan teknologi gadget terbaru, melainkan karena hp-hpku raib alias berpindah tangan.

Ya, mungkin memang aku ga primpen kalo soal hp. Rasanya ya hp itu nempel2 aja sama badan, tapi begitu mau dipake kok dah ilang aja. Paling rekor pas tk. 3 kemaren, kehilangan hp ampe 2 dalam sebulan! Modusnya sama lagi, dirampok pencopet Kopaja 502 -.-

Alhamdulillah sekarang aku dah punya motor. jadi gaperlu naik 502 lagi kemana-mana. Tapi rupanya kehilangan hp tetep aja terjadi. Waktu naik lift poliklinik RSCM, hp lowbat dan mati jadi kutaro kantong jas dokter. Keluar lift mau nyolokin powerbank, eh kok si Galaxy Note dah ga ada :" Ditelpon juga ga aktif (karena emang dalam keadaan mati) akhirnya lapor ke satpam dan ternyataaaaaaaa, hari itu juga, di lift itu juga, ada 3 orang kehilangan hp! Hiks, biarpun si Note suka lemot binti lola, tapi aku ttp merasa kehilangan dong :" Tapi ya mau gimana. Aku pun akhirnya balik ke Lumia 710 yang kubeli pas tk.3 lalu.

Sebenernya aku sukaaaaa bgt ama Lumia ini. Cepet, anti-lola, anti-mainstream, kameranya juga bagus. Cuma jadi kurang fungsional di aku, karena
- LINEnya lama (pdhl komunikasi utama di FKUI menggunakan LINE), gabisa liat timeline dan call pula
- gada kamera depan buat selfie (penting banget guys!)
- gabisa attach file dari hp, jadi kalo mau kirim tugas2 musti tether ke laptop dulu (repot bingit)
- sync ke laptop pun harus pake Zune, semacam iTunes nya WP, jadi gabisa "colok n go" kaya Android
- gabisa screenshot
- paling repot, gabisa telpon *363# buat sekedar isi ulang pulsa internet Telkomsel, jadi kalo mau isi pulsa musti pindahin SIM ke hp orang dulu. Iya kalo lagi ada orang, kalo engga, kan repot :")
- beberapa fitur Telkomsel juga gabisa di Hp ini, kaya Telkomsel poin, yang mayan bangeeet buat klaim bonus2 kalo lagi jalan2 macam voucher XXI, voucher Chatime, voucher The Body Shop,..

Jadi setelah ada rezeki, aku pun memutuskan beli hp baru

Tapi yaaaa nyari hp kok kaya nyari pasangan hidup. Susah bener. aku menghabiskan satu weekend penuh buat galau mikirin mau beli hp apa. Dari sekian banyak hp android di pasaran, ada 3 yang menarik perhatian, tapi gada satupun yang sreg.

Lenovo A6000, baru banget rilis di Indonesia nih. Layarnya decent 5 inc, ada kamera depannya, udah 4G pula, udah deal pula beli sama temen. Tapi pas mau bayar kok ya ada ilham2 gaenak, kaya diliatin hp-hp Lenovo lain punya orang yang baru 2 bulan rusak, suka error, dan ga awet. Sejak awal pun sebenernya aku dah ga sreg ama Lenovo, yah meskipun spec tinggi dan harganya murah (1.6jt), tapi ada faktor X yang membuatku gajadi beli hp ini. Kameranya pun meskipun 8MP tapi hasilnya standar aja.




Xiaomi Redmi 2, ini malah lebih baru lagi, baru dijual hari ini banget jam 11 tadi. Specnya persis Lenovo A6000, tapi layarnya lebih kecil (4.7 inc). Nilai minus buatku karena layar paling pas ya 5 inc, biar enak dilihat dan dipake baca2. Brand Xiaomi emang lagi naik daun, sempet dibilang Apple-nya China, karena spec yang sama tapi harga yang jauh lebih murah karena gapake "harga brand" (kalo kata dek Tasya). Ada yang pink pula, bagus banget warna pink nya. Dibandingin Lenovo sih tapi aku lebih sreg ke Xiaomi, walaupuuuun karena relatif baru jadi belum banyak service centrenya. Nanti kalo ada apa2 susah kan repot jugaa.


Asus Zenfone 5, ini nih yang sebenernya dah kuincer sejak ada niat beli hp baru (which is 3 bulan lalu). Iya sih kameranya bagus (banget!) dan selfienya juga keren, androidnya jg dah Kitkat, tapi masih belum ada yang masuk budget, rata2 masih 1,9an buat barang baru. Akhirnya aku nemu harga 1.6jt punya orang dah dipake 2 bulan (second bruh) dengan spec paling tinggi (RAM 2GB memori 16GB) warnanya jg oke, merah. Udah deal nih, janjian ketemu jam stg9 malem di Menteng Huis.


TAPI

Siangnya aku janjian birthday lunch sama temen di Atrium Senen. Iseng turun ke lantai dasar tempat kounter2 Hp. Pas banget depan eskalator ada yang jual Lumia 535. And guess what, aku jatuh cinta pada pandangan pertama :")

Aku memang uda punya pengalaman sama Lumia. Menurutku Windows Phone ini OSnya cakep, simpel, dan enteng, sehingga gada tuh cerita lemot dan lag yang sering sekali dijumpai di hp-hp android bahkan yang high-end sekalipun (ehm, Note, ehm). OSnya juga uda WP 8.1 yang paling baru, sehingga uda support app-app di Store yang belum ada di Lumia 710 (WP 7.8, dah jebot). Yah, emang kalo soal app store, Windows Store masih kalah ama Google Playstore. Tapi emang aku mau cari apa sih, toh semua app yang kubutuhin uda ada di Windows Store.

 
LINE nya uda ga lemot, bahkan uda bisa liat timeline dan videocall. Instagram juga lebih oke, bisa dibuka dengan 6Tag yang bisa save photo ke hp. Path juga udah ada (walaupun jarang kebuka). Whatsapp juga akan ada fitur Call nya kaya di Android dan Apple. Peta ada Here Maps, yang personally menurutku lebih oke dari Google Maps. GPSnya lebih akurat, temen yang pake Nokia juga mengakui gapernah nyasar kalo pake maps sementara pake Google Maps sering nyasar. Dropbox juga uda support, jadi bisa buka2 file akademis dari hp. Kamera selfienya pun 5MP, lebih oke daripada Zenfone. Uda bisa screenshot, bisa "colok n go". Syncnya sama laptop juga bagus banget, mengingat laptopku juga Windows. Office dan OneDrive bawaan Microsoft, tentu saja bisa dibuka dengan smooth dari sini, bahkan bisa edit file Word, PowerPoint, dan Excel langsung. Intinya, semua yang kubutuhkan dari hp lamaku uda bisa di hp ini. RAM uda 1GB, memori internal 8GB yang bisa diexpand sampe 128 GB. Bodinya pun ramping, cakep, layarnya gede 5 inc, dan paling penting, tahan banting (mengingat hp di tanganku bisa jaruh 2x sehari). Apalagi Lumia ini kan dah punya brand, ga kaya Lenovo ataupun Xiaomi. Dan aku langsung klop banget begitu tau harganya 1.5jt aja :")

just beautiful :)


Walaupun setelah kubuka review di internet, banyak yang kecewa ama Lumia 535 ini. Katanya screennya over-sensitive jadi suka keketik yang gabener. Not an issue for me karena kadang2 di Lumia 710 ku pun kaya gitu, walau ya tinggal direstart beres. 4G memang belum support di hp ini. Tapi aku toh ga butuh juga, yang penting bisa 3G uda cukup. Pokoknya gada yang menggoyahkan keyakinanku beli Lumia ini.

Beda banget sama kemarin pas galau beli Android. Sedikit aja aku tau ada reviewan jelek tentang ketiga hp inceranku, langsung gajadi mau beli. Lenovo ga awet lah, Xiaomi servisnya susah lah, Zenfone restart2 sendiri lah, dll. Kalo kata Kak Hali, aku dah "kesengsem" ama si Lumia ini :") Mungkin kaya jodoh kali ya, ada kalanya kamu ga sreg, meskipun yang ditawarin itu berkualitas tinggi. Tapi kalah oleh yang begitu kamu liat langsung sreg, dan kamu mau menerima apapun kekurangannya dan berusaha live with that.

Setelah 3 hari make, gabisa dipungkiri, ada beberapa hal yang aku miss dari Note ku yang dulu. Kameranya ternyata ga begitu bagus, mungkin juga karena layarnya Lumia ini pixelnya ga gede, sehingga kalo foto hasilnya noisy banget. Layar yang suka keketik sendiri juga kadang muncul. Tapi those i can live with. And i am happy with my new Lumia :)b makasih Abi Ummi adek buat hadiah ulang tahun ini. Semoga bisa awet dan bermanfaat, aamiin ^^

No comments:

Post a Comment