Friday, July 16, 2010

descending...

Sudah sebulan lebih aku meninggalkan IC. Banyak perbedaan yang terasa.Di antara kesepian kehilangan canda teman-teman, kekeringan akan ilmu dari Bapak Ibu guru brilian, yang paling mengganggu pikiranku adalah, ibadahku ga senikmat dulu lagi.

Dulu aku sangat merasakan efek ‘fly’ dari ibadah. Shalat, terutama. Saat di mana aku berjumpa langsung denganNya, saat aku menundukkan diri serendah-rendahnya, saat aku mencoba meninggalkan urusan dunia dan mencoba meraih perhatianNya,..

Terkadang airmata mengalir deras, merasakan limpahan kasih sayangNya yang begitu besar. Hati ini sesak mengingat banyaknya salah yang kulakukan tanpa kusadari. Tasbih tak henti berurai dalam hati, namun tetap saja merasa tak akan cukup untuk bersyukur atas semua nikmat dan ampunanNya. Hati ini seringkali sesak dan bergetar, menyadari bahwa aku sedang bertemu dengan Big Boss, Pencipta segala sesuatu, Dzat yang nyawaku berada di tanganNya, Dzat yang milikNya lah apa yang ada di langit dan bumi..Habis shalat pun rasanya jadi enteng banget. Seolah lepas semua beban

Namun sekarang, aku jarang sekali merasakan hal itu. Badanku ruku’, sujud, tahiyyat, tapi pikiranku mengembara kemana-mana. Adaaa saa yang masuk ke pikiran ini. Mikir film House MD yang kutonton barusan, mikirin komen temen2 di status facebookku, mikirin adek lagi diapain ya PTS ini?, dan seterusnya dan sebagainya.

Untungnya aku punya ummi yang faham, dan aku cerita sama beliau soal ini. Beliau bilang, mata itu kalo banyak melihat, emang banyak yang terpikirkan, dan jatah untuk memikirkan Allah jadi berkurang..

Kusadari bahwa liburan ini memang sangat jauh kondisinya dari di IC. Sekarang aku bebas banget mau ngapa2in, sayangnya aku ga punya temen buat ngapa2in berhubung adek satu2nya uda berangkat ke IC. Jadi aku cumin bergaul sama computer baruku, internetaaan mlulu, nontoooon mlulu. Hh. Salah siapa coba masukin film banyak2 ke laptopku? Kan aku jadinya mau nonton…:p

Beda banget sama di IC, di mana kegiatan begitu padat dan mataku tidak ada waktu buat rekreasi, entah ke dunia maya atau nonton film2. Sebenarnya kalo mau nonton bisa aja sih, tuh di living room asram kerjaannya temen2 habis ujian nontoooon doang kerjaannya, berhubung affina si tukang film beli DVD banyak:D. Tp entah knapa aku di IC itu sama skali ga tertarik nonton. Aku lebih suka tidur di kamar, atau ngobrol sama aspe, atau apalah. Yang jelas ga nonton. Makanya ibadahku tetep oke

Sedih sih, karena itu berarti kualitas shalatku menurun..tapi mau gimana lagi,aku bener2 amat sangat nganggur sekali di rumah. Jadilah main laptop mlulu kerjaanku
Untungnya, aku tetep berusaha istiqomah menjalankan ibadah2. Shalat tetep 5 waktu (hehe yaiyalah!), shalat2 sunnah tetep jalan, puasa tetep 2 hari sekali, ngaji tetep 1juz,

Yang penting, katanya umi, ibadah itu buat Allah. Efek menenangkan itu hanya sampingan. Tujuan sebenarnya dari ibadah hanyalah mencari ridhoNya. “Masih untung sayang, Allah masih memberimu kekuatan buat istiqomah. Ada lo orang yang merasa kalo ibadahnya ga berefek lagi, trus berhenti ibadah. Padahal ga boleh gitu. Ibadah kan buat Allah, bukan buat cari kenikmatan..”

makasih ummiku sayang, semakin sayang diriku:D

No comments:

Post a Comment