Monday, October 18, 2010

cuman kepikiran aja

udah lama ya nggak nulis...aku blakangan ini sibuk buanget. tugas2 banyaaaaaaaaaak disertai masalah2 macam laptop ngadat dan lainlain. tapi syukur alhamdulillah akhirnya malem ini aku masih sempet ngeblog hehe

tadi aku ikutan medforce, alias medical student reinforcement. itu seminar yang diadakan sama senat fakultasku, tentang bagaimana survive di fkui dan semacamnya, seminarnya sendiri menurutku cukup menarik dan bermanfaat, yah seenggaknya aku jadi tau tips dan trick belajar yang efektif:)

hmm.
tadi temenku mega bilang, kamu kayaknya seneng banget ya mut keterima di fkui. abis taip nulis note atau apa selalu tentang dokter, fkui, dan semacamnya
kata2 mega itu bikin aku merenung

sebenarnya kemaren minggu aku juga teringat renungan yang sama, saat aku lagi ada acara sharing sama kakak dari PPDS (program pendidikan dokter spesialis) fkui. kakak itu cerita, motivasi yang bikin dia survibe walau tugas yang numpuk, dikerjain abis2an sama senior, dia mencoba mengingat2 gimana senengnya dia dulu waktu keterima di fkui.

trus pas diskusi kelompok agama minggu lalu juga, kelompokku bukannya diskusi malah cerita2 tentang tes masuk fkui dulu dan suka sduka mereka. aku, satu2nya anak PPKB (PMDK UI yang masuknya ga pake tes) di kelompok itu cuman bisa ndengerin aja dan terkagum2 dengan kerasnya perjuangan mereka
u*** misalnya, dia ikut SIMAK mau masuk fkui, tapi ga lolos. maka dia nyoba lagi lewat jalur UMB. dia cerita gimana perjuangan dia belajar, ampe diare pas ngerjain soal UMBnya. dia ga tahan trus k toilet, ditanggapi dengan "serius lo? gw sih ga sempet ke toilet" oleh tara. dan alhmadulillahnya, entah bagaimana di dalam tasnya u*** menemukan diapet. langsung dia minum dan lanjut ngerjain. dan pas pengumuman, u*** hopeless gara2 diarenya itu. namun takdir memang Allah yang nentuin ya.U*** KETERIMA lewat UMB di fkui. keren banget bagiku

lain lagi dengan t***. dia keterima masuk fkui lewat jalur yang hampir mustahil : Snmptn. yap. t*** memang pingin banget masuk fkui, dia udah nyoba dari zaman Simak ampe UMB. tapi dia blom dapet kesempatan. dia cerita gimana sedihnya dia dan nangis2 pas pengumuman gara2 gak diterima masuk fkui. tapi dia ga patah arang dan terus belajar dengan keras, sapai akhirnya dia berhasil masuk fkui lewat snmptn. kisah t*** ini lebih menakjubkan lagi. gue jadi inget masa2 gw mengejar mimpi dulu, saat perjuangan keras gw yang gw kira sia2 gara2 ga berhasil, ternyata berbuah manis di akhir. memang rencana Allah paling indah

trus cerita l*** dan f*** yang masuk lewat SIMAK. f*** juga cerita dia nangis gara2 pengumuman simak dimajuin. dia bilang, dia belum siap dengerin hasilnya. tapi syukur alhamdulillah dia diterima.tapi kata temen2nya di SMA8, f*** emang pinter sih. dia pararel angkatan.

tapi hal ini membuat ku (jadi aku2an lagi) mikir, mengingat bagaimana dulu saat aku diumumkan masuk fkui.
mungkin ceritanya mulai dari pas aku memutuskan masuk fk aja kali ya..jadi sebenrnya aku, ga sperti mayoritas temen fkui yang lain, ga bercita2 jadi dokter sejak kecil, ga berasal dari keluarga dokter, pokoknya ga ada bayangan bakal jadi dokter lah. aku sendiri memeutuskan masuk fk tu baru pertengahan kelas3, pas pendaftaran PPKB UI dibuka. aku mikir, mungkin ini salah satu kesempatan. lumayan juga soalnya, ga pake tes. soalnya aku sendiri mikir, aku ga bakal keterima kalo mau nyoba masuk PTN lewat jalur tes. fisikanya susah bgt bo!:p

dan karena cuman bisa isi satu pilihan, aku pilih fk. bukan apa2, alasannya ya karena aku ga mau letemu lagi sama kalkulus dan fisika yang rebet. (belakangan aku tau di fkui pun ada fisikanya, meski ga ada kalkulus sih). selain itu aku emang udah kagum banget sama yang namanya cara kerja tubuh manusia. yaudah aku isi aja fk. diterima ya alhamdulillah, ga diterima ya...aku jg blom begitu yakin dengan keputusanku ini.

16 januari 2010, hari pengumuman PPKB UI (jauh lebih awal daripada jalur masuk lain univ manapun). aku terkapar tumbang di poliklinik IC gara2 sakit. hari itu sabtu, aku inget banget sejak jumatnya emang badanku udah lemes. jadilah sabtu aku ga masuk. lagi tidur di poli, tiba2 bu dini (wali asramaku)masuk dan meluk aku sambil ngucapin selamat, kata beliau aku diterima PPKB UI. total seangkatanku ada 10 orang yang dapet PPKB, dua di antaranya fk.

aku sendiri ga begitu inget perasaanku saat itu. senang pasti iya, ya secara aku udah dapet univ. seenggaknya bisa tenanglah, alhamdulillah. tapi ya itu saja, ga da rasa meledak2 bahagia seperti yang dulu aku rasain pas...ngg...pas lolos ic misalnya.
dan aku lantas ngebandingin perasaanku sama perasaan temen2 lain. aku tiba2 ngerasa aku kayak ga pantes gitu masuk fkui. kayaknya motivasiku ga sebesar motivasi mereka, yang ampe berjuang mati2an demi dapet bangku di fkui

aku juga jadi inget temen ICku yang kepingin banget masuk fkui. tapi dia ga dapet dan sekarang kuliahnya di bandung. aku gatau taun depan dia bakal coba lagi apa enggak. tapi dia, dan juga temen2 fkui ku itu, memberiku pelajaran

bahwa aku ada di sini bukan karena kebetulan
ga mungkin dong fkui milih aku buat keterima sebagai mahasiswanya lewat ppkb sembarangan aja? pastinya ada sesuatu dalam diriku yang bikin aku keliatan 'pantes' di mata mereka
aku masuk fkui ini, telah menyisihkan 14000 peserta lain yang juga mau masuk fkui tapi ga seberuntung aku.

yap. aku beruntung bisa masuk fkui,
aku kini punya motivasi baru, yang meskipun agak aneh, namun terkadang bisa bikin aku kuat lagi menghadapi segala macam rintangan yang ga pernah ada habisnya (walau aku masih maba tapi rintangan itu uda banyak bgt lo)
saat aku ngerasa muak dengan semuanya, saat aku ngerasa MENYESAL masuk fkui ini, 'aku akan ingat gimana 14000 orang di luar sana yang berjuang mati2an demi bangku yang sekarang kududuki ini, demi jaket kuning bermakara ijo yang sekarang udah hampir buluk gara2 tiap hari kupake
aku ga mau membuat mereka kesal, kalo tau aku yang beruntung bisa masuk fkui ini malah menyia2kan keberuntunganku. bisa2 aku habis dikeroyok massa (nggaklah lebai)
tapi ya, aku akan ingat u***, t***, f*** dan teman2 ICku yang pingin masuk fkui ini
aku ga ingin mengecewakan mereka yang berjuang lebih keras dari aku

bismillah aja deh:)

2 comments:

  1. bismillah cim :)
    enak ya kalo udah nemuin passion,
    gue di fti sekarang aja masih suka bingung cim, apakah ini tempat yang tepat buat gue,

    ReplyDelete
  2. Mengharukan sih ceritanya, Ya Allah semoga saya juga bisa masuk FKUI, lancarkanlah jalan hambamu...aamiin

    ReplyDelete