Sunday, December 25, 2011

Iseng-iseng berhadiah

hari ini natal. hari ini libur. hari ini saya ga da kerjaan :)
jadi saya iseng mencoba-coba stetoskop saya, saya tempelin sana-sini. 


di daerah dada, saya mendengar dentuman berirama yang cukup keras. Iramanya lambat saat saya menghembuskan napas, dan bertambah cepat saat saya menarik napas. dentumannya mantap dan kuat.


di daerah perut kiri, saya mendengar suara-suara tidak beraturan. Kadang berdesir, kadang mengetuk-ngetuk, kadang suara kerucuk seperti air mengalir. suara-suaranya lembut dan berdesir-desir.


di daerah leher, saya mendengar dentuman serupa dengan di dada, hanya saja lebih lemah. Namun sama mantapnya dan sama beriramanya.


di daerah punggung bawah, saya tidak mendengar apa-apa. begitu pula di kepala. Hanya kresek-kresek tak jelas.


semua suara itu membuat saya tersenyum-senyum sendiri. Betapa bersyukurnya saya punya jantung yang berdetak, detakannyalah yang bertanggung jawab mengalirkan oksigen dan zat gizi kepada setiap sel di tubuh saya. Bersyukur saya punya lambung dan usus yang aktif mengocok-ngocok makanan, tanpa saya harus repot-repot mengocok sendiri. Kocokan merekalah yang membuat zat gizi bisa terpecahkan dan masuk dengan mudah ke aliran darah saya, siap memberikan energi bagi jaringan-jaringan. Bersyukur saya punya pembuluh darah, saya punya ginjal, saya punya otak, saya punya lemak (oh ya, saya bersyukur punya lemak, kalo ga saya bisa mengkerut macam nenek-nenek), saya punya otot.


"dan sungguh telah Kami ciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya"

1 comment: