Tuesday, May 22, 2012

Bikin Passport Online - Cepat dan Murah

Hare genee bikin pasport masih pake calo? hehe, mending gausah guys. Saya kemaren baru ngurus passport dan prosedurnya cukup gampang diurus sendiri, dan yang pasti jauh lebih murah dibandingkan kalo pake calo.

1. Siapkan berkas-berkas yang perlu
Sekurang-kurangnya, sediakan KTP, akta kelahiran (kalo ndak ada bisa ijazah apapun) dan KK. semuanya discan hitam-putih. Kalo uda kerja, plus surat rekomendasi dari kantor. dan Kartu Mahasiswa, buat jaga-jaga aja. Tapi pada dasarnya cukup 3 yang pertama.

2. Buka web imigrasi.go.id. 
Disini ada pilihan bikin passport online (walaupun pada kenyataannya bikin passport ga full online). Kita akan mengisi data-data, termasuk juga mau bikin passport di kantor imigrasi mana dan mau tanggal berapa. Kantor imigrasinya ndak harus sesuai dengan KTP, saya KTP malang tapi bikin di Kanim Jakarta Timur :)

3. Upload berkas-berkas tadi.
Dan setelahnya akan dapat bukti pendaftaran online, simpan dan print untuk dibawa ke Kantor Imigrasi pada tanggal yang kita tentukan

4. Pergi ke Kantor Imigrasi pilihan
Datanglah SEPAGI MUNGKIN, bahkan kantor imigrasi buka jam8 pun uda banyak banget yang antri. Jangan lupa bawa semua dokumen asli yang diupload dan fotokopinya (semua dalam kertas A4, jangan dipotong) serta bukti pendaftaran online 
Di sana:
a. Antri buat beli formulir dan map. Harganya 12.000 termasuk materai. Kalo uda bawa materai ya cuma 5.000

b. Sambil ngantri buat ambil nomor antrian (?) isilah formulirnya (sama dengan form online di web) dan periksa kelengkapan dokumennya, tata yang rapi dalam map. Kalo belum rapi nanti bapak-bapak petugasnya ndak mau kasih nomor antrian. Atau kalo masih rebek, duduk dulu, ngisi formulirnya, dan rapiin, baru ngambil nomor antrian.

c. Setelah dapet nomor antrian, tunggu dipanggil buat pos 1 : Verifikasi Data. Tunjukkan semua dokumen asli dan fotokopian serta bukti pendaftaran online.

d. Kemudian kita akan dikasih bukti verifikasi data buat lanjut ke pos 2 : Bayar. Sebenarnya petugasnya musti verifikasi dulu datanya, jadi jarak antara pos 1 dan pos 2 lumayan lama. kemarin saya 3 jam. Sempat ditawarin sama petugas buat balik besok saja buat bayar, foto, dan wawancara. Tapi saya males bolak-balik jadi saya tunggu aja.

e. Di Pos 2, kita tunjukkan bukti verifikasi dan akan dikasi nomor antrian. Kalo udah dipanggil, bayar deh:
Passport 48 hal: 200.000
Foto: 55.000

f. Setelah bayar, dikasi kuitansi dan nomor antrian pos 3 : Foto dan wawancara.

g. Pas dipanggil, foto yang cantik/ganteng. Jangan pake baju putih atau jilbab putih, karena backgroundnya putih, nanti keliatan muka doang kalo putih-putih. Apalagi kalo kulitnya putih jadi malah ga keliatan apa-apa *failed*

h. Habis foto, wawancara deh. Yang ditanyain ya seputar alasan kenapa bikin passport, jujur aja, agar tiada dusta antara kita dan Bapak-Bapak Imigrasi

i. Udah gitu, tanda tangan passport, dan passportnya bisa diambil 4hari kerja kemudian dengan menunjukkan kuitansi pembayaran tadi :D

Gampang tooo bikin passport. Total cuma perlu biaya 200.000 + 55.000 + 5.000 + 7.000 + 1.000 (fotokopi) = 268.000. Cuma perlu 2 kali datang ke Kanim termasuk ambil passportnya :) Kalo pake calo bisa sampe sejutaan dan tetep harus datang buat wawancara. Rugi toh hehe.

Ada juga gapake cara online, jadi langsung dateng dan isi formulir. Tapi setelah verifikasi, ndak bisa langsung foto di hari yang sama, karena kan data kita perlu dimasukin dulu ama mas-masnya. Jadi saran saya mending ya pake online aja, memudahkan kita dan mas-masnya juga :)

No comments:

Post a Comment