Friday, March 2, 2012

kontemplasi

yah, kejadian hari ini membuat pikiran saya berkontemplasi jauh ke dalam.


kenapa saya bisa sampai kehilangan hp 3 kali? apa yang Allah ingin tunjukkan pada saya? ini sekedar ujian buat naik tingkat di hadapanNya? atau justru teguran karena saya kurang shodaqoh? kurang ibadah? kurang ikhlas? kurang berbakti? kurang istiqomah?


kalau toh ujian, Allah kan memang gapernah memberikan yang saya ga bisa hadapi. jadi saya pasti bisa menghadapi. bohong kalo saya ga sedih, ini hp saya beli pake uang sendiri, saya nabung dulu biar bisa beli hp ini. dia sudah menemani saya kurang lebih 2bulan, sampe akhirnya raib kembali padaNya. 


tapi kalau ujian, kenapa Allah ngasih saya ujian yang sama 3 kali? bukankah ujian seharusnya makin lama makin sulit, karena kan tingkat makin lama makin naik? mungkin karena saya ga lulus 2 ujian sebelumnya, jadi saya remedial kali ini, dengan soal yang persis sama. saya senyum saja memikirkan kemungkinan ini. bukan cuma muskulo saja yang remedial, ternyata kehilangan hp juga remedial :)


mungkin juga Allah memang sedang menegur saya. mungkin belakangan ini saya jarang dzikir, kurang sholawat, kurang shodaqoh, kurang ikhlas dalam beribadah, kurang berbakti, kurang apa gitu..


tiara bilang, hamba Allah yang tingkatannya tinggi, ujiannya juga berat.


tinggikah saya? tidak. apalah diri saya ini, hamba yang masih cemong2 solatnya, shodaqoh masih seribu-seribu, dzikir masih sering ketiduran, hati masih sering ngedumel, pikiran masih sering tercemari,


lantas ujian ini semestinya tidak terasa berat


jadi saya berpikir lagi. Syukurlah saya hanya kehilangan hp. bukan laptop. bukan modem yang baru beli. bukan dompet yang bakal susah urusannya. bukan ummi, bukan abi, bukan de tasya bukan teman-teman,


saya mestinya bersyukur, bahkan tadi pas ngurus ganti kartu seluler, saya dimudahkan Allah dengan proses y ang cepat dan biaya gratis. bersyukur masih punya laptop yang kemaren baru diservis dan ga habis uang banyak. bersyukur habis gajian ngajar Defi. bersyukur, bersyukur, bersyukur


Kalo di Harry Potter, ada "Mirror of Erised" yang bisa menunjukkan hasrat terdalam dari orang yang ngaca disitu. tapi orang yang paling bahagia adalah orang yang menggunakan cermin itu sebagaimana cermin biasa, dia cuma bisa melihat bayangan dirinya apa adanya di situ. Artinya, orang yang paling bahagia adalah orang yang mensyukuri dirinya sebagaimana adanya, tidak merasa kurang suatu apapun.


"Allahumma'jurnii fii mushiibatii wakhluflii khoiron minhaa"
"Ya Allah, berikanlah aku balasan atas musibah yang menimpaku, dan gantikanlah untukku yang lebih baik daripadanya" 

No comments:

Post a Comment