Monday, January 9, 2012

semoga bisa mengingatkan

let me tell you something: selama 18tahun saya bernapas, saya belum pernah pacaran.
ketawa boleh..santai aja..silakan... tapi bagi saya, ini merupakan prestasi loh. Karena gini : there were times, when some guys ask me to do so. dan bukannya saya sama sekali ga ada keinginan buat pacaran, pingin malah, mengingat lingkungan yang dipenuhi pasangan-pasangan yang kelihatannya bahagia banget. tapi alhamdulillah yah, sesuatu banget, saya masih diberi kekuatan sama Allah buat menahan nafsu saya. saya kadang merasa kaya Nabi Yusuf. Itu loh, yang cerita beliau diajak maksiat sama Zulaikha, dan ketika beliau sudah hampir luluh pertahanannya, tiba2 mucul tanda dari Allah yang memukul Nabi Yusuf dan menyadarkannya, sehingga Nabi Yusuf selamat dari godaan Zulaikha tsb. 


sebenernya semua orang Islam juga tahu, pacaran itu tidak boleh dalam agama. lantas mengapa masih banyak sekali muslim yang berpacaran? Mungkin mereka-mereka pikirnya, "aaah mendekati zina apaan sih orang guweh ga zina kok" 
"aaah mendekati zina apaan sih orang aye nonton doang kok" 
"belajar bareng doang kok" 
"gapake pegang2an kok" 
"gw malah ngaji bareng sama pacar gw, bukannya malah berpahala?"


yap, memang alasan "mendekati zina" ini terkesan kurang nampol buat melarang muda-mudi muslim berpacaran, begitu juga bagi saya (ups) pas masih jaman idealis-idealisnya. kalo begitu kalo pacaran tapi ga pegang-pegangan gapapa dong? tapi setelah saya baca suatu tulisan INI, saya jadi sadar, bahwa alasan berpacaran itu kurang baik sebenarnya lebih dalam dari itu. Ini saya ringkas dari tulisan tsb aja ya..


1. kita cinta sama pacar kita. but when it comes to be a bit more serious, we start to think that we do not want a husband/wife like him/her. saya masih muda, masih banyak waktu buat kita untuk mengenal orang lain yang mungkin saja lebih baik dari pacar kita buat jadi suami/istri. kalo saya, masih 5 tahun lagi. cukup toh,tak ada yang tahu apa yang akan terjadi dalam 5 tahun.


2. apalagi kalo calon suami/istri yang pacar kita itu, merupakan "bekas orang" alias punya mantan pacar. apalagi kalo mantannya lebih dari satu. apa yaaa, rasanya ga rela aja kalo pendamping seumur hidup kita ternyata sudah pernah membagi hatinya dengan orang lain. sebenarnya sih, kalo kita menginginkan sesuatu dari orang (dalam hal ini, suami/istri yang hatinya cuma buat kita) kita juga harus melakukan hal yang sama (menjaga hati buat dia saja, orang yang belum tau siapa)


3. kalo kita sudah punya pacar, orang lain yang suka sama kita bisa jadi "mundur". kita sendiri juga nih, misalnya suka, atau kagum, sama seseorang, begitu tau dia uda punya pacar, pasti langsung gajadi suka.


4. kalo kita sudah punya pacar, rasanya kesempatan buat mengenal orang lain yang mungkin saja lebih baik daripada si dia jadi berkurang, karena kita yakin bahwa "Cukup dia saja buat gue, ga perlu yang lain"


keyakinan macam ini yang perlu dihindari, karena kita gatau keyakinan ini datangnya dari mana. seringkali sih ya, suara hati kita ini suka kalah keras daripada bisikan-bisikan setan. buat amannya, kita harus sering-sering mendengarkan hati nurani kita sendiri, karena fitrah manusia itu dari Allah. hati nurani ini dibimbing sama Allah langsung. Kalo kita terlatih mendengarkan hati nurani, insya Allah sih ga akan tersesat. karena hati nurani selalu tahu yang bener mana, yang salah mana. (ironis ya kadang, kita uda tau salah, masih aja dilakukan)


Cuma perlu yakin, bahwa "perempuan baik-baik hanya untuk laki-laki baik-baik". cukup jadilah baik-baik, maka yang datang kepada kita pasti yang baik-baik juga. sudah pasti kok itu. yakin deh. justru kalo kurang baik-baik, nanti yang datang malah yang sama-sama kaya kita, kurang baik-baik juga.


tinggal pilih sih, mau "yang baik-baik" atau "yang kurang baik".

ini pikiran sesaat saya, semoga bisa mengingatkan di kala saya mulai goyah:)





2 comments:

  1. amin :) selamat menjaga hati kak :)

    ReplyDelete
  2. aku setuju bangett sama kamu :)
    makasiih ya buatt tulisannya..
    menginspirasi bangett

    ReplyDelete