Friday, December 14, 2012

My First French Correspondent :")

Terkejut banget pas buka folder Spam di email, ada email balasan dari Chef Antoine Audran :D
Bien le Bonjour de Jakarta!

Chère Muthia,

Java Bleu Bistro est un restaurant qui a été ouvert en 2001 et a l’origine était dans le sud de Jakarta, sur la Jalan Fatmawati….depuis bientôt 3 ans, Java Bleu Bistro a déménagé sur la Jalan Cikini Raya !...Java Bleu Bistro sert de la cuisine traditionnelle Française…sans « frou-frou »…une gastronomie simple et honnête ! Aimes-tu la nourriture Francaise ?

Ce qui est drôle c’ est que tu passes devant le restaurant tous les jours mais tu ne l’as jamais remarque !... Alors quand tu as le temps « Stop » by !

Ou apprends tu le Français ? es-tu déjà allé en France ?....

Sur ce je te laisse….bonne journée

Antoine Audran
0812 xxxxxx 

Monsieur Antoine adalah chef di Java-Bleu, sebuah restoran Perancis yang terletak dalam jarak ngesot dari kosanku, di daerah Cikini. Yang menarik, setiap hari aku lewat Java-Bleu, ga pernah sekalipun aku sadar bahwa itu adalah Restoran Perancis, karena logonya Semar gitu. Kirain warung kopi, karena Java-Bleu terletak di sederetan toko-toko bergaya kolonial yang notabene adalah kedai kopi, macam "Bakoel Koffie Cikini" dan "Cafe Tjikini". Mana Java-Bleunya di lantai 2, di atasnya Cafe Tjikini, jadi kan ga keliatan :")

Aku baru sadar bahwa itu adalah Resto Perancis saat browsing2 tentang Restoran Perancis di Jakarta. Belakangan memang aku "sort of obsessed" dengan hal2 yang berbau Perancis gitu kan, dari bahasanya, negerinya, sampe makanannya. Tapi aku taunya masakan Perancis mengandung wine-wine gitu, jadi belum pernah nyobain. Makanya coba search resto Perancis apa aja di Jkt, dan kagetlah ambo bahwa ada yang tinggal ngesot dan tiap hari lewat :"). Mulailah aku kirim email ke Chefnya, Antoine. Dia punya twitter, dan dia terlihat ramah, friendly, jadi kuberanikan diri ngemail duluan. Kapan lagi kaaan punya correspondent French native-speaker? :D

Awalnya sih aku sok2 pake "Bonjour" di awal email, tapi isi emailnya pake english, intinya tentang ketertarikanku pada kultur Perancis, kekagetanku bahwa ada French resto yang deket banget sama kosan tapi gapernah nyadar padahal lewat tiap hari, dan nanya apakah dia sedia Makanan halal di Java-Bleu.

Itu sekitar 3 hari lalu sih. Malam ini aku iseng aja cek folder spam, eh taunya ada email balasan dari Chef Antoine, dan..... bahasa Perancis semua -__- haha. Seneng banget, sekaligus deg-degan. Dengan kemampuan Francaisku yang sekarang, alhamdulillah aku bisa cukup paham apa yang dibilang Chef Antoine,  kecuali paragraf 2 : ce qui est drole...

Ternyata artinya (setelah minta bantuan google translate) kira2 begini:
"Aneh juga ya kamu padahal lewat restoran tiap hari tapi gapernah sadar! kapan2 mampir ya!"

Seneng nih, hehe. bales apa yaaa? masih belum pede untuk nulis full french -__-" Btw chefnya juga kasih nomer hape tuh haha. baik ya :)

No comments:

Post a Comment