Saturday, September 11, 2010

Lebaran tahun ini:)

Saya bersyukur sekali bisa pulang kampung ke malang, bertemu keluarga, dan masih bisa mudik ke basecamp keluarga besar abi di Sidoarjo (keluarga besar umi di lamongan, rencananya lusa).

saya mendapat banyak cerita dan pelajaran dari lebaran kali ini..
mbah saya mengeluhkan soal anak-anaknya yang sekarang suka sibuk. mbah saya dan mbah kakung saya berusaha mentradisikan silaturahmi keluarga bulanan di antara 9 anak mereka (ya, 9. abiku anak ke 3). namun namanya juga sudah punya keluarga sendiri, sudah sibuk sendiri-sendiri, jadi ada saja alasan untuk ga bisa ngumpul. maka dengan sedih, mbah berpesan. "pokoknya tradisi keluarga kita yang ngumpul khataman seperti ini jangan sampai hilang, kalu bulanannya ga bisa, seenggaknya yang tahunan ini tolong dipertahankan"

keluarga besar abi saya punya tradis, setiap hari kedua lebaran semua ngumpuldi rumah mbah di sidoarjo, dan khataman Qur'an bareng2. asik kok kegiatannya. selain khataman, kami juga rujakan rame2 sekeluarga besar, dan makan siangnya pasti rujak pake kikil bikinan mbah. trus setelah khataman ada acara bagi2 duit lebaran buat cucu2. saya yang udah besar ini pun tetep dapet loh, karena statusnya "cucu". bahkan karena udah besar, saya dapet lebih banyak:p

menurut saya kegiatan ini toh bagus. kapan lagi kita bisa kumpul sekeluarga besar semuanya? yang sekarang uda mencar2 sidoarjo dan malang? silaturahmi seperti ini kan banyak sekali manfaatnya. menyambung ukhuwah, menambah rezeki, memperpanjang usia, pokoknya saya senang sekali dengan kegiatan ini.

No comments:

Post a Comment