Tuesday, January 4, 2011

Inilah kenyataan

Memasuki dunia baru yang notabene berbeda dengan dunia impian di IC dulu, gw memang harus banyak mempersiapkan diri dan bertabah hati. Gw akui banyaaaaak sekali godaan di luar sini.

Terutama yang paling kerasa adalah masalah pergaulan. Dulu di IC pacaran masih menjadi hal yang tabu dan merupakan pelanggaran berat apabila ketahuan pacaran.
tapi di sini, keadaannya jauh berbeda. pacaran itu wajar2 saja dan oke oke saja. nih ya, temen seangkatan gw aja, udah ada berapa pasang tuh yang pacaran. ada kali lebih dari 10 pasangan baru. padahal kita baru berapa bulan kuliah di sini....

kemaren gw tanpa sengaja mendengar percakapan temen gw. ceritanya mereka ngomongin saah seorang senior nih, sebut saja tmn gw itu Bunga dan Mawar (udah kayak Lampu Merah aja LOL).
ada salah seorang senior dateng ke rumahnya Bunga.rupanya senior ini anak basket yang cukup populer lah...dia ngasih apaa gitu yang berhubungan dengan basket ke rumahnya Bunga. (Bunga ini pengurus basket atau semacam iulah). Bunga menceritakan tentang senior yang datang ke rumah Bunga (anggap saja SYDKRB) ini kepada Mawar.
Bunga menceritakan bagaimana senior ini begitu menarik dan ganteng, terus aktif berorganisasi, jago basket, baik hati (Bunga dibeliin martabak). terus juga SYDKRB ini baik banget sama pembantunya Bunga, pembantuya disapa dan diajak ngbrol. hangat lah orangnya. sampe pembantunya Bunga bilang
"Udahlah teh, sama yang itu aja. udah baik, mapan lagi. udah dokter kan dia"
Bunga hanya ketawa saja. dia bilang sama Mawar

Bunga: "Emang sih, SYDKRB baik dan perfect banget, tapi dia tuh cocoknya jadi suami. kalo jadi pacar kayaknya kurang nakal gitu"
Mawar: "Oya? emang kayak gimana?"
Bunga: "ya gitu deh, sama Mbak gw aja baik bgt..terus gw bahkan diingetin sholat gitu..'dek udah sholat belum? sholat dulu ya sebelum tidur'"
Mawar: "gila so sweet banget Bung,.."
Bunga: Iya sih, SYDKRB baik banget, tapi kalo jadi pacar...nggg kayaknya nggak deh. kurang nakal gimana gitu"


gw bukannya nguping, tapi gw duduk di antara Mawar dan Bunga, gw sibuk baca buku "Metodologi Penelitian Klinis". tapi mereka ngobrolnya heboh gitu, gmana gw ga denger?

ya gw tau lah, gimana remaja sekarang (atau mestinya udah bisa dibilang dewasa ya?). mereka menganggap pacaran adalah suatu keharusan, kalo ga punya pacar dibilang ga laku lah, ga gaul lah, dll. gw sih awalnya mencoba menutup mata dengan fenomena ini..menurut gw pacaran sudah mendarah daging..gw hanya bisa menjaga diri sendiri agar tidak ikut2an kayak gitu

yah bukannya gw munafik atau apa. gw sebagai perempuan 17 tahun, ya taulah gimana rasanya jadi remaja. suka sama orang, disukain sama orang, berbagai macam hal2 indah. menyenangkan saja rasanya ada orang yang merhatiin, ada orang yang sayang sama gw,

tapi cukup. sampai di situ saja. gw sudah beberapa kali terjebak dalam situasi di mana gw dibikin bingung dengan yang namanya cinta. untung gw ga pernah terseret terlalu jauh, sampai akhirnya gw memutuskan. biarlah semua mengalir apa adanya. tak ada gunanya mengejar-ngejar cinta, sementara gw masih muda dan waktu gw terlalu berharga untuk dibuang2 dengan memuaskan nafsu yang bukannya membuat gw lebih baik, malah menjerumuskan gw.

apalagi setelah gw mendengar percakapan Bunga dan Mawar kayak gitu. SYDKRB kurang nakal sebagai pacar. literally, Bunga menggunakan kosakata "nakal". Ya Allah, apakah pacaran itu harus sama seseorang yang nakal? buat hepi2 aja?

gw jadi teringat masa2 saat labil dulu (halah), saat gw dihadapkan pada masalah yang menurut gw yang saat itu masih polos rasanya aneh sekali. iya, soalnya pikir gw-polos: pacaran tu sebenernya apa manfaatnya ya? kalo toh gw bisa berteman baik dengan cowok-cowok itu, dan gw merasa enjoy sama mereka, kenapa pula harus ada status "pacar gw". karena satu kata itu bisa membuat hal-hal yang semestinya menyenangkan jadi rumit dan berbahaya...
namun seiring pengalaman memang yang terjadi tidak sesederhana pikiran gw-polos itu...


oiya, gw teringat saat gw cerita sama temen2 gw bahwa di IC, dulu ada temen gw yang dikeluarkan gara-gara pacaran. dan mereka ketawa.
seberbeda itukah keadaan di luar? gw sih sudah merasa siap akan mengahadapi hal-hal semacam ini, cultural shock istilahnya...tapi kenyataan memang suka memusingkan ya..

No comments:

Post a Comment