Friday, August 5, 2011

Motoride!

Warning:
jika anda tidak tinggal di malang atau tidak suka ngeliatin peta malang, ga akan ngerti ama postingan ini hoho


Di peta hidup saya, "berani naik motor sendiri ke jalan gede" adalah target di usia 15. okey ... tapi saya baru benar-benar berani membawa motor keluar dari gapura Bumi Banjararum Asri pada liburan semester1 kemarin, saat mau pergi les Qiroah ke rumah ustadz di Jalan Ikan Layur.

Sebenarnya saya sudah bisa naik motor sejak Mts, tapi ya hanya seputaran jalan "dalam" saja, belum berani keluar ke jalan antar malang-surabaya yang banyak bis-bis dan truk yang melaju kencang itu. Saya akhirnya berani keluar ya pas usia 17tahun haha, itu ditemeni mba Icha sepupu saya. Sudah bisa sih, tapi masih belum lancar kalo bagian muter balik. itu susah banget.

Puncaknya adalah saat nganter Aspe dari kontrakan ke kampus di Depok pake motor Elsa. itu lewat jalan margonda yang ramenya naudzubillah. Lewat jalan margondanya sih alhamdulillah ga ada masalah, masalah baru muncul saat saya menyusuri sebuah jalan yang terus belok melengkung (kaya muter gtu loh jalannya) yang kondisinya lumayan padat. saya kira gerbang kampus ada di kiri jalan, jadi saya santai aja jalan di bahu kiri. taunya Aspe bilang "eee itu gerbang UI belok kanan" saya pun kaget dan refleks mengarahkan stang ke kanan, padahal dari belakang ada motor. Alhamdulillah sih ga ketabrak, tapi kita kena labrak pengemudinya, mengumpat2 gitu deh dia hehe...

dan pada liburan ramadhan kali ini, saya dapat kesempatan megang motor lagi. Kali ini saya sendirian, mau ke Togamas untuk beli komik Conan (ni komik ga ada matinya sejak gw SD haha). Start dari SD gw di pertigaan jalan Borobudur, uda dikasi tau sih sama ummi rutenya:

Soekarno-hatta -- UB (sampe sini gw masih tau) -- Bendungan sigura-gura terus luruuuuuuus -- Raya Dieng -- Togamas

Oke Bismillah, dengan modal STNK, tekad dan doa saya pun meluncur. Menyusuri jalan Terusan Borobudur sampe Soekarno-Hatta, alhamdulillah lancar. Bahkan saya nyalip2 beberapa mobil dan motor, dan ngambil jalan di kanan haha. Sepanjang jalan Soekarno-Hatta juga lancar. Lalu nyebrang masuk gerbang UB... eh taunya bayar seribu. Saya pun minggir dulu dan ngambil duit. sempet mau dibiarin aja ama masnya, eh saya uda nemu duitnya hehe. Oke lanjut jalan lewat jalanan kampus UB, dan keluar dari gerbang satunya. Diminta tunjukin STNK. Oke. belok kanan masuk ke Jalan Bendungan Sigura-gura. Uhuy, saya berhasil nyebrang dan belok dengan mulus.

Sesuai petunjuk ummi, saya lurus terus ngikutin jalan itu. Panjaaaaang banget lah rupanya, saya sempet curiga, karena tiba2 uda sampe Mertojoyo. Setau saya, Mertojoyo itu rumah Pakde di daerah Dinoyo. Loh kok Dinoyo? namun dengan pedenya saya terus lurus, sampe akhirnya......mentok. dan beneran keluarnya di jalan raya Dinoyo -__-

tenang, saya pun minggir dan berdiam diri. Karena terlalu lama berdiam, saya nanya ke pak Becak pinggir jalan, Raya Dieng kemana? kata beliau "ke sana, nanti abis lampu merah belok kanan. lurusss aja nanti sampe Dieng" oke saya pun nyebrang jalan lagi. FYI, jalan Dinoyo itu jalan yang kecil namun rameee banget dilewatin soalnya salah satu jalur masuk Batu. Tapi alhamdulillah tuh saya bisa nyebrang seolah uda punya SIM hehe... dan pas belok kanan di lampu merah itu, ternyata...jalan Gajayana.

FYI lagi, jalan Gajayana juga jalan yang kecil, lebih kecil dari Dinoyo, tapi padet...saya susurin aja teruuuuuus lewat Sardo, lewat daerah Kerto, lewat Galunggung, sempet nanya ke tukang helm yang ternyata orang Madura, dan terlihatlah di ujing jalan itu Dieng Plaza. yeeeeey i made it!! :D

Begitulah, sepanjang perjalanan itu saya merasa Pede dan tenang saja, ga ada rasa deg-degan seperti yang dulu saya rasain kalo naik motor. Saya anggap, saya sudah berani sepenuhnya sekarang :)

PS: sebenarnya pada perjalanan pulang (lewat jl Gajayana, lebih inget hehe), saya sempet nabrak motor orang, Vario juga, tapi alhamdulillah ga kenapa2, hehe. cuma nabrak belakangnya doang sih, soalnya saya ngerem kurang kuat :p

No comments:

Post a Comment