Friday, June 1, 2012

Bermanfaat buat banyak orang

Suatu ketika di FKUI, musim ujian.
"Gyaa, tentir minggu III udah terbit belum ya?"
"Soal 2007, uda dipost Mega kok jumat kemaren"
"eh, semalem nyimak sumatweet ga, katanya bakteriuria signifikan yang bener 10^5 CFU/mL"
"dok, boleh ngopi slidenya dok"
"mentemin KKD kamis besok ditiadakan!"

itu adalah celotehan yang tidak asing lagi bagi warga FKUI 2010. celotehan tentang SAP, Staf Ahli Pendidikan. tentang sekelompok mahasiswa yang sangat berjasa menyelamatkan kehidupan akademis mahasiswa kedokteran FKUI.

Apa SAP itu?
SAP adalah organisasi nonfprofit (enggak juga sih sebenernya) yang bertujuan membantu mahasiswa kedokteran berhasil dalam belajarnya dan ujiannya. Setiap angkatan di FKUI punya namanya SAP ini, meskipun beda2 nyebutnya. 2009 bilangnya siepend, 2010 SAP, yah intinya sama ajalah, orang2 sangat baik hati yang rela berkorban demi kesuksesan bersama.

SAP FKUI 2010
Diketuai oleh Rhea, SAP FKUI 2010 yang berslogan "Berkontribusi, Berprestasi" ini memiliki 5 divisi:
1. SAP Tentir
bertugas membuat tentir yang berisi rangkuman  materi kuliah-kuliah, diambil dari slide dosen dan textbook. tentunya sangat berguna buat mahasiswa-mahasiswa yang saking sibuknya sampai ga sempet belajar sendiri, maka tentir adalah andalan semua mahasiswa kedokteran FKUI di kala ujian mengintai.

2. SAP KKD
bertugas ngurusin KKD (Keterampilan Klinik Dasar), misalnya ngopiin jadwal dan panduan KKD dari pengurus modul KKD. juga bertanggung jawab atas jadwal KKD yang suka berbentrokan, SAP KKD menyebarkan informasi reschedule jadwal KKD

3. SAP Slide
Jelas, SKSD dengan dokter-dokter setiap selesai kuliah dan meminta kopian slidenya. Syukur kalo dokternya baik dan murah hati. Kadang ada juga yang keberatan ngasihin slide karena takut disebar-sebarin ke pihak luar FKUI, jadi cuma ngasih handout. Nah, SAP Slide menscan handout ini dan diupload di Mediafire angkatan :)

4. SAP Soal
Mengumpulkan soal-soal dari tahun jebot, membahasnya, dan mengkoordinir pengumpulan soal setiap ujian dari angkatan, buat diwariskan ke SAP di angkatan bawah kita. Bahkan sebagai bonus, setiap minggu Mega (ketua divisi soal yang kebetulan adalah teman sekelompok gw) mengepost latihan soal dari kuliah minggu itu, yang dibikin sendiri sama anak SAP soal. Baik bangeettzz

5. SAP Sumatweet
@sumatweet2010, gw termasuk pendirinya loh dulu wkwk. Biasanya pas musim ujian si sumatweet rame berkicau ttg materi kuliah yang akan diujikan dan tebak-tebakan singkat, juga jembatan keledai kreatip yang sangat membantu hapalan ujian.

Keberadaan SAP ini membuat gw sangat bersyukur kuliah di FKUI, karena tampaknya memang sistem seperti ini cuma ada di FKUI aja. Kalo di FK lain kayaknya pada belajar sendiri-sendiri, tidak ada lembaga khusus yang mengkoordinir seangkatan dan semua angkatan punya. Yah, pokoknya tanpa SAP tamatlah kehidupan akademis gw dan teman-teman sejawat gw! Thanks SAP, orang-orang yang baik banget, bermanfaat buat orang lain. Insya Allah pahalanya berlimpah, amiiin!!


No comments:

Post a Comment