Tuesday, February 5, 2013

some cool tricks by mother nature

1. Ikan semprot
Tidak seperti kebanyakan ikan, ikan semprot satu ini berburu makanan di atas air. Makanannya tak lain adalah serangga kecil-kecil yang sedang cukup sial hinggap di dedaunan yang menjorok ke air tempat tinggal si ikan. Ia biasa berenang di bawah permukaan air, mengintai mangsanya yang tak waspada. Kemudian dengan mulutnya yang didesain sedemikian rupa sehingga miring ke atas, ia menyemprotkan air untuk menjatuhkan si mangsa ke air, hap! lalu diemplok. Bidikan si ikan sangat jitu dan jarang sekali meleset. Cuma butuh sekali semprot untuh menjatuhkan mangsa, atau bahkan membunuhnya. Semprotannya sendiri bisa mencapai 1,5 m. Waw! Maha Suci Allah :)


2. Salmon
Ikan salmon lahir di sungai, namun besar di laut. Ia berenang ke laut lepas saat beranjak dewasa, dan kembali ke sungai tempat kelahirannya saat musim kawin. Di sinilah luar biasanya. Bagaimana caranya seekor salmon imut yang tak berkompas, tak beradar, tak berlayar, bisa menemukan jalan dari laut yang sebegitu luas tak berpetunjuk, kembali ke sungai tempat kelahirannya. Bagaimana dia tahu arah?
Ada teori berpendapat salmon bisa mengingat bau sungai asalnya. Masalahnya, bagaimana dia dari tengah samudra memutuskan arah sungai itu? Manusia aja kalo di tengah laut pasti pake kapal yang pake sistem navigasi dan berpedoman pada peta arus laut, dll, dst. Tapi salmon? Wallahu a'lam. :)
Salmon-salmon yang mau kembali ke sungai kadang harus melompati air terjun semacam ini. 


3. Bangau
Ever wonder why bangau berdiri dengan satu kaki? Jawabannya, karena kedinginan. Nyambung? :)
Bangau adalah burung yang notabene hidup di suhu sejuk-sejuk ayem. Tubuh bangau dilindungi bulu yang melindunginya dari angin menusuk, kecuali tentu saja bagian kakinya yang panjang dan seksi bak SNSD (loh). Nah kalau bangau berdiri dengan dua kaki, ia akan kehilangan panas secara signifikan melalui kedua kakinya tsb. Sehingga ia melipat satu kaki dekat ke tubuhnya agar tetap hangat, dan meminimalisir kehilangan panas. Sebegitu terbiasanya ia berdiri satu kaki, ia bahkan bisa sambil merem dan bobo. Kalo manusia, coba aja, ga akan bisa berdiri dengan satu kaki sambil merem. Cool, isn't it? :)



4. Burung
Sebagian besar, hampir 80% (kalo gasalah) jenis burung melakukan migrasi. Mereka pindah dari daerahnya di utara yang sudah mulai musim dingin ke arah selatan yang lebih hangat dan lebih banyak makanannya. Dan migrasinya ga tanggung-tanggung, bisa ribuan bahkan belasan ribu kilometer. Terbang only. Bayangin kaya manusia jalan kaki ribuan kilometer, buat nyari makan. ckckck. Jarak migrasi terjauh yang diketahui yaitu oleh burung laut arctic. Dia tinggal di kutub utara, dan bermigrasi ke kutub selatan pada akhir musim panas, lalu kembali lagi ke kutub utara pada musim panas berikutnya. Perjalanan PP itu sejauh 36.000 kilometer. WOW. just WOW.

5. Kadal Bertanduk
Kadal yang satu ini punya banyak sekali mekanisme pertahanan. Tampang yang seram (bisa dibilang pertahanan ga ya), tanduk-tanduk, warna yang mirip dengan sekitarnya, sampai satu yang paling unik: Tembakan darah. Saat merasa terpojok, ia akan menahan aliran darah ke seluruh tubuhnya dan memusatkan ke matanya, sampai pembuluh darah di matanya pecah. Darah yang menyembur bisa mencapai jarak 5m. Karena keliatannya gore dan jijik, musuh pun males kan makan si kadal berdarah ini. Mana darahnya (katanya) rasanya ga enak. Gruesome, yet cool :3


No comments:

Post a Comment