Monday, July 22, 2013

Kejutan Ramadhan: Ramadhan Jazz Festival 2013

Jadi ceritanya hari ke 11 Ramadhan ini kosan sepi banget, saya gada temen buka puasa. Bermula dari modus nyari buka puasa gratisan (upsdotcom) saya pun berangkat ke masjid Cut Mutia yang lumayan deket letaknya dari kediaman. Sekalian cari jamaah maghrib dan sekalian tarawih pula, begitu pikir saya. Apalagi masjidnya adem dan lumayan gede, semoga saja imamnya enak dan ga banyak gangguan dalam bentuk anak-anak kecil berlarian (yang sungguh menyebalkan hehe).

Saya berangkat sepuluh menit sebelum maghrib. Mendekati TKP, kok banyak sekali mobil, apalagi ada mobil-mobil TV macam Metro TV dan ANTV. Hmm, ternyata di pelataran Masjid Cut Mutia akan diadakan Ramadhan Jazz Festival. Acara yang kayaknya seru ini diadakan oleh RICMA (Remaja Islam Masjid Cut Mutia). Keren juga ya remaja masjidnya, bisa bikin acara yang gede begini.

Ba'da tarawih (yang alhamdulillah tenang walaupun aneh, 4 rokaat salam instead of 2-2), saya pun nongkrong di pelataran parkir sambil nungguin acaranya mulai. Suasanya asik bo, di atasnya ada lampion-lampion gitu, terus masjidnya juga cantik. Untuk penonton yang dateng awal-awal, syukur banget disediakan tempat duduk yaitu karpet masjid yang berbaris-baris bekas tarawih :D Penonton yang dateng awal-awal ini notabene adalah bekas jamaah tarawih.

Sembari MC (yang namanya kebetulan Mutia juga) casciscus di stage, saya mencoba nyelesaiin tadarrus. Penonton pun makin banyak berdatangan, dan makin beragam, termasuk di antaranya ciwi-ciwi gaul yang emang niat noton jazz fest (bukan penonton cabutan macam saya, hehe). Di antaranya saya menemukan Dita, temen SMA yang cukup gaul, secara anak FISIP UI, fakultas paling gaul se-UI :p

Dari celotehan Mbak Mutia, saya jadi tau bahwa acara ini merupakan hari kedua. Dan saya beruntung dateng di hari kedua ini, karena performernya pun keren-keren. Ada Tulus, Barry Likumahuwa Project (BLP), Dwiki Dharmawan, sampai Mbak Bertha. Ini pertama kali saya nonton jazz, jadi ya belum cukup paham apa kerennya. Tapi semua berubah ketika performer pertama naik panggung.

Shadu Rasjidi, begitu nama bandnya. Yang mencolok dari band ini adalah bassist sekaligus leadernya, mas Shadu, yang guanteng tenan. Saya aja yang duduk di rada belakang bisa keliatan itu mas Shadu senyumnya bikin termehek-mehek, hehe, apalagi ciwi-ciwi yang di depan ya. Permainan bassnya pun keren (penulis adalah bassist amatiran semasa SMA, jadi ya cukup tau lah ya). Belakangan saya baru tau, Mas Shadu ini adalah putranya Idang Rasjidi, musisi jazz kawakan Indonesia. Yaa ga heran lah. Air cucuran atap jatuhnya ke pelimbahan juga :)

ini Om Idang dan Shadu lagi perform di Kemang, check him out :D


Lanjut setela mas Shadu, ada performance dari "Pretty Lotion" band, ga bgitu saya perhatiin sih karena saya pulang sejenak naro tas. Terus pas balik lagi, pas banget yang perform Tulus. Mayan banget, musiknya oke. FYI dulu Tulus ini pernah nampil di acara Have Fun Go Med FKUI loh :D Terus berlanjut performance dari Joey Alexander. Dia masih kecil bo, 10 taun, tapi main pianonya uda keriting banget. Kalo googling, Joey ini dikenal sebagai jazz prodigy dari Indonesia, di mana dia bisa spontan main keyboard sejak umur 6 taun, Di Ramadhan JazzFest kali ini, dia berkolaborasi dengan Barry Likumahuwa dan seorang saksofonist dalam sebuah jam session. Keren abiezzsss lah pokoknya!

Belum lagi setelah itu penampilan Dwiki Dharmawan and Friends, yang featuring, eng ing eng, mas Shadu lagi! :D Mereka bawain lagu Uje yang "Subhanallah walhamdulillah" itu loo. Pas banget saat itu turun hujan, jadi penonton (yang tiba2 jadi banyaaak banget) berteduh di sekeliling. Tapi ada sebagian kecil yang justru berlindung dari hujan dengan merapat ke panggung. Kesempatan modus biar bisa liat mas Shadu up close, saya pun ikutan :p Saya malah jadi ikutan fan-girling sama mba-mba di sebelah saya. Untung sih, karena pas banget hp saya mati. Jadi karena dapet kenalan, saya dikirim foto2 sama mba tsb via whatsapp. Ni dia foto2nyee

om dwiki and mas shadu

senyumnya >,<
Setelah Om Dwiki, yang naik panggung adalah BLP! Jreng, another awesome performace. Sebenernya Barry sendiri bukan muslim, kata dia, tapi dia seneng banget bisa nampil di depan masjid yang cantik ini, dan membawa pesan persatuan buat kita semua. Permainannya, ga usah ditanya lagi lah, oke punyaa! Barry jago banget dalam membetot bass dan menciptakan harmoni dari berbagai instrumen di band-nya, mulai saksofon sampai drums. Yang menakjubkan, BLP juga bawain lagu "Sholatullah Salamullah". Hem, ini nih namanya toleransi antar agama :)

Performance terakhir yang tak tonton adalah BBJ yang ada Mbak Bertha. Itu lo, yang dulu ngelatih AFI. Mbak Bertha juga bukan muslim ya, tapi dia mau nampil di Ramadhan JazzFest yang notabene adalah acara charity ini. Keren kaan...

Oiya, Ramadhan Jazz Fest ini meskipun performernya berkelas semua, tapi kita ga dikenai biaya sepeser pun. Konsep acaranya adalah acara amal, di mana penonton dianjurkan membeli gelang seharga 10.000 yang penghasilannya 100% akan disumbangkan buat korban gempa Aceh. 

Menurut saya, acara Ramadhan Jazz Fest ini keren dan inovatif. Biasanya kan Ramadhan diisinya ceramah-ceramah, yang mungkin bagi beberapa orang membosankan. Karena itu, dakwah bisa dilakukan lewat cara lain yaitu festival musik macam begini. kaya Sunan Kalijogo jaman dulu kan, dakwah dengan menyusupkan nilai Islam di budaya jawa yang masih kental pake wayang-wayangan.

Awalnya jujur saya sendiri agak ga setuju, wong konser kok di halaman masjid. Soalnya pas nunggu tarawih itu kedengeran suara soundchecknya, jadi ya cukup mengganggu. Tapi mungkin tujuannya biar sekalian bisa habis tarawih kali ya. Yang jelas tujuan acara ini mulia, yaitu beramal di bulan Ramadhan, sekaligus dakwah, karena lagu-lagu yang dibawakan pun bernapas Islami meskipun beberapa bukan muslim. Yah, seenggaknya mereka menghormati bulan Ramadhan dengan pake baju nya baju koko gitu :D

Mungkin saran saya (kaya anak RICMA pada baca blog ini aja -_-), kalo bisa performernya muslim semua. Kan namanya Ramadhan Jazz Fest, jadi sebisa mungkin disesuaikan dengan koridor syariat. Kalo bisa juga penontonnya dipisah cowok-cewek, biar ga tumplek blek semua nyampur hehe :)


No comments:

Post a Comment