Sunday, July 14, 2013

Leisure


Aku adalah orang dengan BANYAK sekali hobi. Aku juga baru menyadarinya akhir-akhir ini, saat seorang teman menulis tentang diriku, terus ketika dia nulis tentang hobiku kok ya jadi panjang :D Apalagi aku orangnya suka mencoba hal-hal baru. Jadi makin banyak aja deh yang suka kulakukan. 

1. Baca
Aku sudah diajari baca sejak umur 2 tahun. Sebenernya yang pertama kupelajari adalah huruf hijaiyah dulu baru abecede. Mungkin karena itu ya aku juga suka baca Al-Qur'an :"D. Selain Al-Qur'an, aku suka baca hampir apa saja. Semua jenis buku dan artikel. Dari chicklit cheesy nan galau, komik detektif, novel klasik, fiksi sejarah, fantasi, sampai buku-buku pengetahuan yang banyak memuat hal-hal keren dan sophisticated. Artikel di internet juga, mulai dari "how to ripen an avocado", "epic story about a bizarre suicide", fanfic-fanfic gajelas, blog orang, mangareader.net, psychologytoday.com, dan terutama sih kalo di internet aku suka yang isinya science trivias yang unik. Dari hobi baca ini aku bisa lumayan tau hal-hal trivial yang menarik banget. Misalnya bahwa cahaya matahari perlu 8 detik untuk sampai ke bumi, teh mengandung zat tanin yang bisa menawar racun ular (baca dari komik Conan loh), di London ada bangunan yang bentuknya kaya telur, dll. Pokoknya kalo banyak baca, ga rugi deh :D Minimal keliatan keren karena tau banyak, hehe.

LOL XD

2. Bahasa
Hatsyim! Alhamdulillah. Yarhamukallah. :)
Terinspirasi dari R, temenku yang juga berminat besar terhadap berbagai bahasa. Kalo beli barang-barang elektronik kan suka ada manualnya berbagai bahasa tuh, nah suka aku liatiin dan amati kesamaannya, dibandingin sama bahasa yang uda ngerti, misalnya English. Di wiki juga kadang aku iseng coba ngeklik artikel bahasa-bahasa lain. Ya walaupun ga ngerti tapi seenggaknya berusaha memahami hehe. Yang paling seru tuh bahasa-bahasa Eropa. Sebenarnya akarnya dari satu bahasa yang sama, jadi banyak vocab yang mirip. Terus ada bahasa Slovenscina sama Slovencina, itu beda loh. Satu bahasa yang dipakai di Slovakia, satunya lagi di Slovenia. Bingung kan loo haha. Aku juga. Yang repot sih kalo belajar bahasa yang punya huruf sendiri, macam Jepang, Rusia, Yunani, apalagi Mandarin. Harus belajar hurufnya dulu. Makanya kadang nyerah, belajar Jepang cuma tau kanji "Yama" sama "To" doang haha. Apalagi bahasa Yunani, yang huruf-hurufnya kaya rumus Fisika. Tapi masih mending Yunani seenggaknya masih bisa ketebak, misalnya "β(beta)" ya "B", "κ(kappa)" ya "K", "μ(mu)" ya "M", nah kalo Mandarin, hurufnya ada ribuan karakter. Beda nada membacanya aja beda arti. Pusing dah, hehe.
di Turkce juga ada anak Alay rupanya :D

3. Menulis
Yaa gabisa lepas dari membaca dan bahasa, menulis juga salah satu kesukaanku sih. Buktinya ya blog ini, yang uda dirumat sejak tahun 2009 hehe. Kalo menulis aku lebih suka nulis santai sih, kaya blog atau artikel editorial. Pernah beberapa kali coba nulis serius yang ilmiah-ilmiah gitu, tapi gasuka karena terlalu ribet dan banyak aturan. Cerpen sih pernah juga bikin, tapi alay. Puisi juga lumayan suka, tapi gabisa kalo disuruh bikin puisi kontemporer yang oke banget.

4. Merajut
Nenek-nenek? Nggak lah, aye masih 20 taun. Haha. Sebenernya belajar merajut uda lama, sejak SMA. Tapi ya baru tertarik mendalami pas semester 6 kuliah ini, uda mulai bisa bikin barang-barang yang keliatan bentuknya, kaya tas, slippers, topi, syal. Monggo diliat karya-karya saya di album ini :D Merajut ini bikin keranjingan banget loh. Bagi yang kenal aku mungkin sering banget liat aku ngedengerin dosen sambil ngerajut, diskusi sambil ngerajut (ini sih parah haha), di busway atau di kereta pun tangan ga lepas dari benang dan crochet hook. Seringkali bahkan keasikan ngerajut sampe tau-tau uda jam 1 pagi, keasikan mengurai benang kusut sampai 1 jam lebih (kaya hidup belum cukup kusut aja ya .__.), belanja benang sampe ke situs-situs US (meskipun gabisa beli karena ongkirnya mahal booo), sampe subscribe newsletter sebuah situs khusus merajut yang suka ngebagiin pola-pola rajutan lucu-lucu. Pokoknya merajut ini asik banget deh, melatih kesabaran dan ketelatenan dengan elegan dan bermanfaat :D Ayo yang mau boleh belajar bareng, dijamin ketagihan! (sudah membuat nagih beberapa orang, terbukti). Sempet kepikira untuk mengkomersilkan hobi yang satu ini, tapi belum kebayang master plan nya bakal gimana. Mungkin suatu saat, insya Allah :) sementara ini, kalo pingin dibikinin sesuatu monggo tinggal bilang aku aja hehe.

aren't they ADORABLE? source
5. Traveling
Siapa yang gasuka jalan-jalan? Hampir semua suka deh kayaknya. Nah aku juga, suka banget kalo misalnya pergi ke tempat baru trus ngebolang dan liat-liat gajelas. Konsekuensinya jadi suka liat peta, ngamatin jalan ini tembus kemana, mau ke situ bisa lewat mana aja, dsb. Apalagi peta Jakarta. Ruwet tapi seru diamati, hehe. Untungnya sih tinggal di Jakarta ya, di mana akses ke mana-mana mudah dan banyak angkutan umum (meskipun sekarang angkot mahal gilak sejak naik BBM). Trus dari Jakarta juga ke luar kota gampang, pusatnya bandara dan stasiun. Dengan jalan-jalan, kita juga bisa melihat banyak orang, banyak tempat seru dan indah. Apalagi yang alam-alam, macam Lombok atau Bromo. Jangan sampai meninggal belum pernah ke sana deh :D Tujuan selanjutnya: Mekkah (harus duluan dong) lanjut London (mau naik London Eye dan ke tour studio Harry Potter). Semoga tercapai, amin Ya Allah :)

kangen Lombok deh :)

next: London Eye
6. Stargazing

Jelas lah ya, apalagi tulisanku belakangan tentang bintaaaaang melulu. Ya maklumlah, lagi terpesona banget sama langit. Sedih sih belakangan ini, uda bulan Juli tapi masih aja sering hujan, jadinya malamnya ga keliatan bintang. Tapi sekalinya keluar bintang, saya bisa berjam-jam diem di atap kosan dan memandangi langit, sambil nyocok-nyocokin itu bintang apa di sana pake aplikasi Android (smartphone y u so smart .__.). Wiki yang kubuka pun jadi banyak yang tentang artikel astronomi. Dan itu sangat menakjubkan loh, mengetahui bahwa alam semesta ini sedemikian luas, sampe ga ketahuan bentuknya kayak apa, atau ujungnya ada di mana, seberapa jauhnya. Itu membuatku menyadari kekerdilan dan ketidak berdayaanku sebagai manusia, dan betapa Berkuasanya dan Maha Besarnya Allah yang menciptakan itu semua :)

even Lions love stargazing :)

Banyak kaan hobi aye. Belum termasuk hobi trivial macam karaokean atau berenang, tapi uda cape nulisnya heheh. Mengenai hobi-hobi ini, aku cukup ciyus ngejalaninnya. Kalo uda tertarik akan sesuatu, aku akan banyak mencari tau tentang hal itu, nanya ke orang-orang yang ahli, pergi ke mana pun aku bisa menjalani hobi tersebut. Untungnya tinggal di Jakarta memudahkanku untuk urusan hobi ini. Ke bookfair di Senayan, dijabanin. Ke Institut Francais di Salemba, tinggal nyeberang. Ke acara astronomi di planetarium, tinggal ngesot. Beli benang rajut, tinggal online. Ke Lombok, wah, ini sih lumayan. Tapi namanya hobi ya dijalanin aja. Prinsipku, daripada ga jadi cuma gara-gara gada temen, jadiin aja! Kesempatan bagus tidak datang dua kali :)

Semoga aja sih hobi-hobi ini bisa mengalihkan dari hal-hal tidak berfaedah dan mendekatkan kepada Allah hehe. AAMIIIIN.

No comments:

Post a Comment