Monday, July 8, 2013

Musabaqah Tilawatil Qur'an

"Sebaik-baik dari kalian adalah yang mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkannya"

Al-Qur'an mungkin adalah hal yang paling membuatku percaya bahwa Allah itu benar ada. Siapa lagi yang bisa membuat serangkaian kata sebegitu indah, komprehensif, sarat makna, timeless? Yang menjaganya hingga tidak ada satu harakat pun yang berubah sejak seribu tahun lebih? Bahkan seluruh manusia dan jin bekerja sama, tidak akan bisa membuat yang semisal Al-Qur'an. Sebegitu spesialnya Al-Qur'an, membacanya pun dinilai pahala, satu huruf setara 10 kebaikan. Satu huruf lo ya, bukan satu kata. Alif Laam Miim itu tiga huruf, Bismilaahirrahmaanirrahiim itu dua puluh huruf. Luar biasa bukan?

Aku suka baca Al-Qur'an, mungkin karena kata ummi dulu aku lebih dulu diajari baca huruf hijaiyah daripada abecede. Yang jelas karena aku (syukur alhamdulillah) sekolah di sekolah Islam dari SD-SMA, aku selalu dimudahkan akses untuk belajar ilmu Al-Qur'an. Karena itu aku mencoba-coba ikutan lomba Fahmil Qur'an di UI, sebagai seleksi untuk pemilihan anggota kontingen UI yang akan diikutkan pada MTQ Mahasiswa Nasional. Dan syukur alhamdulillah lagi, aku lolos seleksinya sehingga dapet kesempatan ikut ajang nasional yang cukup bergengsi ini.

Yang menyenangkan lagi, sebelum berangkat aku dikasih pembekalan, jadi nambah deh ilmunya. Fahmil Qur'an ni bener2 cabang yang menguji pengetahuan banget. Kami (aku, Kak Yasir dan Aldi) diharapkan hapal sejembrengan ayat-ayat, tahu istilah2 dari ilmu hadits, lancar bahasa Arab dan bahasa Inggris, cepet berhitung itungan2 Fiqih, sampe bisa mengenali dan melagukan berbagai nagham tilawah Al-Qur'an yang sulit mbedainnya. hehe, banyak kan. Apalagi MTQ lalu UI Fahmil nya juara 2 nasional. Jadi pressure yang kami rasakan cukup besar, at least kami ga boleh turun dong prestasinya. Jadi kami menggiatkan belajar, walau terasa susah sekali nyamain jadwal. Apalagi kampus Depok tempat latihan cukup jauh dari kampus FK di Salemba. Tapi ya demi ilmu Al-Qur'an yang insya Allah manfaat dunia akhirat, masa sih 16 rb doang buat ongkos KRL Cikini-Depok-Cikini ga mau disisihkan? ;)

Sampai akhirnya tibalah waktu kami berangkat ke Padang untuk berlomba di MTQ yang sesungguhnya. JSYK, buatku untuk dapat izin pergi ni susah banget lo. Buat Aldi yang 2012 dan temen2 dari fakultas lain sih ga masalah karena uda pada libur. Tapi FKUI 2010 masi kuliah modul Kedokteran Komunitas, dan ketua modulnya strict banget. Tapi lagi ya alhamdulillah Allah kan selalu memudahkan hambaNya yang berprasangka baik padaNya :) 

Anyway, ini pertama kalinya aku ke Sumatra. Excited banget pas mendarat di Bandara Minangkabau, yang atapnya bergaya khas Minang, yang lancip-lancip itu. Nih potonye.



Kesan yang langsung didapat di Padang adalah: PANAS. Letaknya deket laut sih. Untungnya pemandangannya indah, dengan gunung-gunung Bukit Barisan yang literally berbaris di kejauhan. Trus alhamdulillah lagi kami disiapkan akomodasi di hotel yang oke, Hotel Padang namanya (Hotel Padang bangeet wkwk) dan disediakan juga mobil dan supir yang siap mengantar kami ke manapun selama di Padang. Lomba MTQnya sendiri diadakan di UNP dan Unand, yang cukup jauh dari hotel.

Hari Ahad malam, ada acara pembukaan MTQ MN XIII yang seru banget! Seru karena aku baru pertama kali ni ikut acara yang nasionalnya kerasa, ada sekitar 1400 peserta dari Univ-Univ dari Sabang sampai - Merauke. Beragam banget bahasa yang terdengar dan wajah-wajah yang terlihat. Dan uniknya, aku menemukan Fincut dan Uut, sobat jaman SMA yang dulu nulis karya ilmiah bareng. Mereka ikut cabang Karya Ilmiah sebagai perwakilan ITB. curang kaaan aku ga diikutin padahal dulu seperjuangan nulis karya ilmiahnya wkwk. Trus ketemu juga dengan Lidyana, sahabat jaman MTs yang dulu akraaab banget. Doi ikut Karya Ilmiah juga, mewakili Unair. Ada juga Avrita, temen MTs juga, yang ikut Fahmil juga (wihihi) mewakili Unesa. Kami pun poto-poto sembari mendengarkan sambutan-sambutan dari para petinggi MTQ.
kafilah UI, kuning-kuning :D
ketemu temen2
Lombanya sendiri, ada banyak cabang.
1. Tilawah - terang aja ya, namanya juga Musabaqah Tilawatil Qur'an
2. Hifdzil - hafalan 1 juz, 2 juz, dan 5 juz. Jatuhnya sih lomba enak-enakan baca Al-Qur'an juga hehe
3. Fahmil - cerdas cermat kandungan Al-Qur'an, ini yang tak ikutin
4. Syarhil - pidato kandungan Al-Qur'an berkelompok 3 orang; 1 pidato, 1 tilawah, 1 sari tilawah. Lucu dan unyu loo penampilannya
5. Debat bahasa Arab - seru meskipun ga ngerti wkwk. yang mewakili UI kali ini 2 cowok lulusan Gontor (u dont say :D)
6. Debat bahasa Inggris - mungkin cabang paling gahul di MTQ. Pas nunggu aja diputerinnya lagu Shine bright like a diamond, padahal di cabang lain diputerinnya murottal wkwk
7. Karya tulis ilmiah Al-Qur'an - yaa biasalah yaa haha *gatertarik*
8. Kaligrafi - bagus-bagus banget kaligrafinya @.@
9. Qiroat sab'ah - semacam tilawah juga, tapi lebih advance soalnya lagunya pake 7 imam
10. Tartil - Baca Qur'an tapi ga tilawah, tapi enak juga haha.

Fahmil kebagian di hari Senin buat babak penyisihan. Kami dapet lawan IPB, Untirta, sama satu lagi lupa darimana. Pesertanya emang ga boleh nyebutin asal univ sih, untuk menghindari bias penilaian dari dewan juri. Kami menang tipis dari IPB, rasanya deg-degan banget takut ga lolos hehe. Alhamdulillah sih bisa melenggang ke semifinal. Tapi aku uda down duluan karena liat kami mesti berhadapan dengan UGM di semifinal. Kami sebelumnya liat penampilan UGM, keren banget. Hampir semua soal dibabat habis, terlepas dari soalnya emang relatif gampang dan lawan UGM pas penyisihan itu ga terlalu jago. 

Maka kami persiapin bener buat semifinal hari Rabu. Kami bertiga belajar mpe malem di hotel sama Ustadz, dibantuin yang lain juga. Hari itu semifinal berlangsung sangat sengit, atara UI, UGM, Unand, dan Unesa (yang ada Avrita temen MTs ku nya). Soal-soalnya sebenernya gampang dan uda sering keluar di MTQ-MTQ sebelumnya, tapi kami kalah cepet mencet belnya. Kalo kata Kak Yasir (juru bicara kami) dia terpengaruh aku yang panikan begitu nilai kami tersalip UGM .__. Akhirnya kami pun harus ngalah di semifinal dengan skor yang cukup jauh dari UGM. Shock dan kecewa sih udah pasti. Tapi begitu liat finalnya esok harinya (UGM, USU, UPI Bandung, Unsyiah Kuala) i immediately knew that we don't stand a chance. si USU ganas banget mencet bel nya, bahkan soal baru dibaca beberapa kata, dia langsung pencet bel dan jawabannya pasti bener. Entah jago entah apal soal. Tapi emang soal tiap tahun banyak yang diulang sih, mungkin mereka emang ngapalin soalnya jago banget. USU menang dengan skor telak, selisih 800 poin dari UPI Bandung di tempat kedua. Sementara UGM yang ngalahin kami dapet juara 4. Malu banget ga sii kalah sama juara 4 ;( Tapi ya disyukuri saja, karena aku juga lumayan dapet kenalan. Si juru bicara UGM, Mudrika namanya. Dia ini jago lo, hapalannya banyak, trus bisa ngelaguin ayat-ayat juga. Mantap lah. 
belajar malam

berpikir keras
panicky faces .__.
Karena uda kalah, kami anak Fahmil pun ganti fokus yaitu ngebantuin yang lain. Alhamdulillah debat Arab sama debat Inggris berhasil maju ke final. Akhirnya UI pun pulang dengan gelar juara harapan 1 di kedua cabang tersebut. Lumayan lah haha. Malu juga sih, yang Al-Qur'an2 gada yang masuk final, malah debat yang berhasil. 
juri Debat Arab Pak Said Aqil Munawwar loh, mantan Menag :D

Selain itu, di sisa waktu tersebut aku nyempetin ke Unand (kebanyakan lomba di UNP, cuma tilawah, qiroat sab'ah, hifdzil, dan kaligrafi yang di Unand). Kampusnya aneh menurutku, karena udaranya panaasss tapi airnya dingin sedingin di Malang, karena emang letaknya di gunung. Trus kenapa panas ya? gatau deh hhe. Trus di sana aku nonton final Hifdzil, subhanallah dah emang surgawi banget bacaannya para finalis. Aku ngerekam satu orang yang aku yakin banget juara. Bacaannya mantap, hafalannya juga gada yang salah. Mau deh diimamin *ups *salahfokus 

Pas malam penutupan, aku juga seneng (meskipun g menang hiks) karena ketemu dengan Doni, adik kelas d IC yang kuliah di FK Unand. Dia ini orang Minang asli, ngomongnya Minang banget. Trus kita2 anak IC (aku, Fincut, Uut, Doni) foto2 sampe puas haha. 

Juara umum MTQ MN kali ini adalah, tebak siapa. Universitas Negeri Malang alias UM! UM bangeeet?? pikirku juga rada2 ga percaya. Tapi mereka emang merajai hampir di semua bidang. Tilawah OK, debat OK, karya tulis OK, semuanya OK. Ya selamat deh UM hehe. Memang sih juara umum di setiap MTQ sering tidak terprediksi. Semua tergantung SDM yang tersedia di kampus itu pd tahun itu, banyak anak pesantrennya ga? :p

In the end, meskipun ga jadi bawa piala, aku tetep seneng banget karena dapat banyak ilmu, temen, dan pengalaman. Tiap hari denger orang ngaji bacaannya subhanallah, secara qori-qoriah nasional gitu loh. Trus juga meskipun banyak sekali yang kukorbankan demi MTQ ini (remed OSCE, ga lolos IMSPQ, kuliah IKK) tapi pengalaman yang didapat sangat worth it. Kapan lagi coba bisa jalan2 ke Padang dan dapet ilmu Al-Qur'an dan temen2 yang sesama Qur'an Lovers? :D (btw Qur'an Lovers ini nama gaul kafilah UI, tercetak di jaket dan baju kafilah) :) 

post tentang jalan2 di Padang mungkin akan dipost tersendiri, insya Allah ;)



2 comments:

  1. Replies
    1. bangeeet. alhamdulillah banget dikasi kesempatan kaya gini ya lid ;) kamu 2 taun lagi mau?? :D

      Delete