Saturday, March 13, 2010

demam rubik

entah sejak kapan, permainan rubik jadi booming di kalangan temen2 gue. tau ga sih rubik? itu loh, yang kubus 6 sisi yang diputer2 biar bisa dapet warna yang sama di tiap sisinya.

dulu pas kecil, gue kira tu rubik kaga bisa dipecahkan. habisnya, gue puter2 ampe bangkotan juga kaga bisa dapet satu sisi yang bener. yang sini diputer, yang sana balik lagi. yang sana dibalik, yang situ copot. yang situ dibenerin lagi, yang sono loncat

tapi di sini, gue menemukan seorang teman yang bisa memcahkan rubik itu dengan waktu kurang dari lima menit. bagi gue, hal itu sangat super menakjubkan. namanya ika. sebenernya ada sih, yang lebih dulu bisa dari ika, namanya diba. dia kalo main cepet bgt. sayangnya, kalo gue minta ajarin, malah jadinya dia yang main, gue ngeliatin doang.

akhirnya ika datang dalam hidup gue (jiah) dan mengenalkan cara praktis dan unik dan asik (seperti kriuk jajanan favorit gue) untuk bermain rubik. FYI, ika ini adalah cewek pertama di angkatan gue yang bisa main rubik. Gue inget banget dulu dia ampe ke mesjid aja bawa rubik. tidur aja sambil main rubik (gila serem amat ya). akhirnya dia berhasil memecahkannya dn menyebarkan ilmunya serta benih2 cinta rubik pada dunia.Subhanallah..betapa berjasanya ika ini. semoga dia masuk surga. amin. oia masuk itb juga. stei. karena gue dengar semua anak STEI bisa main rubiks., tuh, bahkan sebelum masuk STEI aja dia udah bisa. pasti masuklah ntar :)
(btw paragraf ini agak alai karena gue nulisnya bersama ika sendiri)

akhirnya setelah perjuangan berhari2 dan ajaran dari ika, nina, dan dinqoi teman2 gue. GUE BISA MAIN RUBIK!! yeah! selamat buat diri gue belum bisa secepet diba sih, tapi gue cukup bangga. ntar pas liburan gue mau pamer ah sama adek gue:)

Buat yang mau bisa main rubik, nih gue kasitau caranya.
  1. Lu mesti bikin satu sisi dulu bener warnanya. Bikin aja patokan yang di tengah. Misalanya di tenagn biri, Yaudah, di sisi itu lu bikin warna biru., tapi jangan diliat birunya aja, liat juga pingir2nya. harus bener. misalnya satu sisi biru pinggirnya kuning, sebelahnya juga gitu. ngerti kan
  2. trus kalo udah jadi satu sisi, bikin 2 lapis. bukan 2 sisi lo, 2 LAPIS. jadi satu lapis ditambah lapisan bawahnya lagi. ada caranya sih, di bagian ini gue diajarin dinqoi. pokoknya kalo mau mindahin satu kotak kekiri, gesernya ke kanan, habis itu turun, kiri, naik lagi, trus samian sisi yang udah lo buat pertama kali tadi
  3. kalo udah jadi 2 lapis, bikin tanda + di bagian bawah dari sisi yang pertama kali lu bikin tadi. Ini pake insting. tapi ati2, janganm sampe ngerubah 2 lapis yang tadi. bagian ini gue mengahbiskan waktu belajar paling lama. dan nina, ika, berjasa dalam hal ini.
  4. kalo udah, bikin pojok2nya bener.
  5. kalo udah, pake ini : atas-kiri-bawah-kiri-atas-kiri 2 kali.
  6. udah gitu, namanya finishing touch : atas- kiri- bawah- kanan- atas- kanan- bawah- trus mestinya udah bisa bentuk T- puter 2 kali ke kanan- atas- kanan- bawah- kanan- trus yang sisi kiri naik- JADI DEH!

abstrak ya??
gue ga mengharapkan kalian ngerti kok, habisnya emang ribet dan harus ada rubiknyabiar bisa dicontohin. sementrara kaalian coba2 aja sendiri
hehe
selamat main rubik!!

No comments:

Post a Comment