Sunday, March 14, 2010

Luka Lama

Pas gue ikutan pesta sains kemaren, gue ketemu teh celine, pelatih olimpiade biologi yang dulu ngelatih gue. Gue seneng bgt. Kita jalan2 ngelilngin tempat pesta sains itu, sama anak2 didik teh celine yang sekarang. Tiba2 teh celine ngomong “ muti ntar masuk kedokteran aja ya?”
“lah emang kenapa teh?”
“gapapa. Soalnya nilai muti anfiswannya bagus”
“anfiswan apaan teh?” oia kalo ada yang belum tau, anfiswan itu anatomi fisiologi hewan, salah satu cabang yang diujiin di olimpiade biologi.
“Yang OSP kemaren maksud kakak”
Deg. Sepertinya ada sesuatu yang robek. Luka lama. OSP, udah lama bgt gue berusaha melupakannya. Tapi ga pernah berhasil. Sekarang malah gue mendengar hal yang mengingatkan gue pada kekalahan memalukan itu.
“tau nggak sih, nilai muti cuman beda 2 poin ama yang lolos ke OSN. Bahkan nilai anfiswan muti lbih bagus dari ****r (beliau nyebutin salah satu nama saingan gue). Muti tuh sebenernya bisa, kakak liat jawaban muti gini: misalnya ada 5 option, 3 option udah ga mungkin. Tapi muti miss di antara 2 option yang trsisa. Kebanyakan gitu. Teteh bertanya2 “muti sayang bgt, dikit lagi. Padahal teteh yakin muti bisa””
“oh iya ya teh? Siapa emang yang beda dua poin itu?”
“Affina”
Sebenarnya ga penting sih buat gue siapa yang lolos di atas gue. Maksud teh celine gue yakin baik, mau membesarkan hati gue, biar gue tau bahwa gue ga sebodoh yang gue kira. Bahwa sebenarnya gue bisa lolos ke OSN, gue bisa mewujudkan mimpi gue, gue ga buruk2 amat kok....
Tapi tetep aja gue ga lolos OSP.
“aku mang ngerasa kemaren ga maksimal teh....”
Teh celine hibur gue, gue jadi malu sendiru. Gue udah besar, masih aja kliatan ga tegar gara2 masalah beginian.
Oh iya, kan gue donlod soal dan jawaban OSP dari intrenet, trus gue coba jawab lagi dengan tenang. Gue bisa dapet 50 persen. Padahal pas gue cocokin ama jawaban OSP asli gue, gue Cuma dapet 36 persen. Buruk bgt.
“kalo pas teteh nanya Affina sama thoriq (dua orang ini temen seperjuangan gue dan mereka dapet medali di OSN) mereka berhasil karena pas ngerjain tuh mereka merasa ga dapet juga gpp. Kan mereka ga ikut pelatihan kaya muti, jadi mereka pikir wajarlah kalo mereka ga lolos. Jadi mereka ngerjainnya tanpa beban. Tapi justru itu kuncinya. Karena itu mereka jadi bisa ngerjain dgn baik. Muti sepertinya ngerjainnya merasa ada beban, bahwa muti harus menang,gitu ya?”
“iya teh”
“na itu dia. Jangan jadikan beban. Santai ja. OSP emang mainin emosi”
“iya teh”
Kata2 terakhir teh celine pas kita berpisah “be strong ya muti”
Kayaknya air mata ga bisa ditahan lagi. Deras.

No comments:

Post a Comment