Sunday, March 14, 2010

pesta sains- november 2009

Pesta sains, udah sekian lama gue menantikan kesempatan buat ikutan ajang ini. Begitu juga afnan dan ghina, partner seperjuangan biologiku.Tapi entah kenapa, tahun ini sekolahku tercinta cuma nunjuk satu tim buat maju di masing2 bidang. Dan afnan sama ghina ga ikut. Ya iyalah mereka kecewa berat. Kan mereka udah pingin ikutan dari kelas satu. Dan saat tahun terakhir mereka di sekolah, eh malah ga diikutin. Kasian....:( tapi sebenarnya gpp juga si, soalnya mereka minggu lalu habis ikutan lomba LCT ilmu pangan yang diadain IPB juga, dan mereka secara lumayan dapet harapan 1...

Jadi buat pesta sains tahun ini, sekolahku ikut semua bidang tapi masing2 1 tim aja:
1. Statistika : alif, adib, aini
2. KIR : zaim, aa, darus
3. Mate : fikri
4. Fisika : hafidz indra bahtiar
5. Kimia : garda, uut, icad
6. Biologi : aku, boim, tami
7. Programming: JL

Buat stastistika dan KIR kan harus ngirim makalah dulu, trus ntar diseleksi, tapi kedua tim sekolahku ga lolos. Jadi pas tanggal 14, yang berangkat ke ipb cuma yang mafikibi ama programming doang. Kita semua bener2 bersemangat buat ikutan pesta sains ini. Maklumlah, kita udah kelas 3 (kecuali hafidz dan boim), ini mungkin lomba terakhir kita. Udah gitu nasional lagi,serasa OSN aja. Kan kebanyakan dari peserta pesta sains ini adalah “orang2 gagal” yang ga lolos OSN, misalnya aku. Haha. Ga juga sih, JL nyampe OSN, meski ga dapet medali.

Yang paling bersemangat adalah garda. Dia bener2 belajar keras selama beberapa minggu terakhir, ampe pelajaran lain ga diperhatiin. Trus kayaknya dia mau membalaskan dendam atas kekalahan di OSP kemaren , atas salah satu sekolah ternama yang sudah sejak dulu jadi saingan MAN Insan Cendekia, kita sebut saja BPC Penuai -thanks to fincut yang mempopulerkan istilah ini-. Garda dendam bgt sama yang namanya ****. Tapi sayangnya dia ga ikut pesta sains, jadi garda mengganti incarannya ke seorang cewek yang dulu ikutan OSP juga sama garda, dan ternyata dia masih kelas 2. Sepanjang technical meeting tu garda ga bisa melepaskan pandangannya dari rombongan anak2 BPC penuai, dengan sorot mata “awas lu liat aja ntar gue bakal kalahin lu”

Awalnya kita smua optimis kita bakalan dapet juara, semuanya. Masing2 cabang lomba. Aku optimis biologi bisa menang. Dan melihat semangat garda-uut-icad yang ikutan kimia, aku yakin mereka bakal menang juga. Kalo yang lain emang ga terlalu keliatan persiapannya,tapi mereka udah “master” di bidang masing2. Dan aku juga yakin mereka sebenrnya belajar, Cuma ga keliatan aja.

Penyisihan berjalan lancar. Semua tim maju ke semifinal. Gue malah peringkat tiga. Tapi begitu gue liat yang di bawah gue, gue agak ketar ketir. Ada satu nama. Dia kemaren ikutan IBO –international Biology Olympiad- dan dia dapet perak. Dalam hati gue :’ngapain dia ikutan lomba beginian? Perak IBO kurang to?’ tapi gue toh bisa ngalahin dia pas penyisihan. Hoho.

Tapi di sinilah bencana terjadi. Semifinal biologi itu tes ketok, jadi tiap anggota tim ngerjain soal sendiri2, trus geser2 gitu tiap diketok (ga ngerti yah? Pokoknya gitu deh) dan nilai tim adalah total nilai masing2 anggotanya. Menurut gue soalnya lumayan. Ada peraga2 gitu. Misalnya preparat sel otot, mitosis, dll. Secara umum sih, gue bisa lah. Lumayan. Beberapa soal udah sering keluar di latian soal2 olim gue. Ya, meski beberapa juga gue miss. Misalnya “ahli gentika asal amrik yang menemukan bahwa gen terletak pada kromosom” gue pikir “mendel orang austria, morgan ga nemuin gen terletak pada kromosom, jadi siapa yah???” ampe mas2 pengawas ngetokin papan, aku ga nemu jawabannya. Jadi aku geser ke soal selanjutnya. Tapi emang soal di blok itu tuh rada susah. Ekologi. Gue ga begitu paham. Ada juga yang nanyain “Pleurotus blablabla” lah emang gue apal sejuta nama spesies di bumi ini. Kayaknya spesis ini ga begitu terkenal. Gue baru denger soalnya. Tapi soal selanjutnya “nama latin jamur merang” ini gue tau sih. Volvariella volvaceae. Namanya lucu, jadi gue inget. Setelah selesai semua 45 soal, gue Cuma bisa brdoa. Moga aja tami dan boim ga lupa apa yang sudah mereka pelajari selama ini. Biasalah, tes ketok tu bikin gugup dan bisa aja seketika mnghilamgkan hapalan. Beneran aja. Pas gue tanya, mereka pada lupa. Tami lupa octopus tu filum apa, eh si boim malah ga ngeh itu octopus. Katanya dia ga ngeliat kepoalanya, jadi dia anggap itu bintang laut asteroidea. Walahwalah. Ya gue sih berharap aja kelompok lain juga kayak kita. Lupa seketika. Hehe.


ini foto gue lagi serius dengan soal tes ketok.hehe


Pas pngumuman sih, gue ga begitu brharap kita maju. Soalnya banyak banget miss-nya. Yah kejadian beneran deh. Kita g msuk final. Pupus harapan. Gue kesel, sedih...tapi gue liat si juara IBO juga ga masuk. Kayaknya tmen2nya yang belum bisa ngimbangin dia.habisnya mana mungkin juara IBO ga tau octopus filum apa.

Akhirnya kita Cuma bisa nonton finalnya. Sial. Soalnya gampang. Kata boim” kalo kita masuk final, kayaknya kita bisa menang deh kak”
“Iya, masalahnya kita ga masuk final wahai boim”

Belakangan gue tau dari fincut si tim juara satu ternyata terdiri dari dua orang anak peringkat 3 dan 4 TOBI (Tim olimpiade Biologi Indonesia). Yah ga rugi2 amatlah. Lagian gue nambah banyak kenalan baru. Dan gue dapet tanda tangan si juara IBO! Yeah! Sampe sekarang tanda tangan itu gue pajang di buku gue. Dan kalo gue mengingat proses mendapatkanny, gue pikir gue rada norak. Fincut ama ghina juga punya tu tanda tangan, karena kita mintanya bareng. Hehe
Pas pengumuman pemenang semua lomba di gedung utamanya, kita kan ngumpul lagi tuh sesama anak ic. Dan ternyata ga ada yang dapet. BPC penuai berjaya. Mereka juara umum. Huh.

No comments:

Post a Comment