Monday, November 8, 2010

Uji Kompetensi : Perlu dongs

Ceritanya aku lagi ada tugas buat bikin essay bahasa inggris sesuai disiplin ilmu masing2. karena aku mahasiswa kedokteran, tentu temanya tentang kedokteran lah..aku angkat topik yang lagi hot, tentang Uji Kompetensi Dokter Indonesia atau lebih dikenal dengan UKDI

mau sharing aja,
UKDI telah menjadi syarat bagi dokter muda untuk registrasi di Konsil Kedokteran Indonesia (KKI), buat bikin STR.bahkan sudah disahkan lo, UU no.29 tahun 2004 tentang Uji Kompetensi.
aku baca di internet, dokter2 pada demo di DPR soal penting atau nggaknya UKDI ini. mereka merasa UKDI hanyan menghambat karir mereka sebagai dokter. padahal Indonesia masih butuh banyak dokter, puskesmas baru 40% yang ada dokternya, dan semacamnya. mereka juga bilang sayang banget capek2 belajar betahun-tahun di sekolah kedokteran, ga lulus UKDI malah gabisa jadi dokter. sia-sia doooong

padahal kalo menurut aku sih (ini menurut aku aja,loh. aku kan belum lama jadi mahasiswa kedokteran)
UKDI itu jelas penting! kan ini menentukan apakah seorang dokter bisa jadi dokter yang baik atau enggak. kalo kita merasa udah capek2 belajar lama di FK, kenapa pula harus takut ikutan UKDI? pastinya bisa lulus dong.
lagian ini kan buat menghindari hal yang ga diinginkan juga di masa depan, secara profesi kedokteran ini ga main2. melibatkan nyawa orang. kan gawat kalo dokternya ga berkompeten terus malah membahayakan pasien.

yaah ini cuman pikiran aku aja sih.
kenapa ga setuju UKDI kalo bisa membuat dokter Indonesia lebih terjamin? kenapa harus takut kalo udah belajar lama?

No comments:

Post a Comment