Tuesday, August 14, 2012

Bikin Mayonaise

Aku, dek Tasya, dan ummi sedang flu. Tiba-tiba saja kami dapet kiriman buah sekeranjang: apel, pir gede2, jeruk, anggur. Allah bener2 sayang ya sama kita :") Terus aku punya ide gimana kalo kita bikin salad buah buat buka puasa? Wah sungguh ide yang oke. Kebetulan tadi aku habis belanja bahan spaghetti juga, jadi lengkap deh, spaghetti dan salad buah. Kaya di restoran aja haha.

Nah satu masalah: aku tadi ga beli mayonaise. Kepikiran mau bikin aja, mumpung ada banyak telur di kulkas. Tapi gimana caranya ya? Aku taunya selama ini bikin mayonaise ya dari telur, dicemplungin ke mayonasie maker, jadi deh!! (Coba tebak tau dari mana? Yes, dari game Harvest Moon -___-) Akhirnya kuintip resep di internet: dan ternyata beneran simpel kok. Beberapa resep tak buka, dan bahan intinya cuma kuning telur dan minyak nabati (a.k.a minyak goreng wkwk). Sebenarnya ada ditambahin mustard bubuk, tapi karena saat itu aye gapunya, jadi gausah juga gapapa. Awalnya sempet bingung, jadi selama ini makan mayonaise yang enak itu......dari minyak goreng mentah?? .__. haha tapi ya sudahlah mari kita coba saja
  • 2 butir kuning telur
  • minyak zaitun/nabati/kelapa/paling kepepet ya minyak goreng 280 mL
  • garam 1/2 sdt
  • air jeruk nipis dikit
  • mixer/pengocok
  1. Kocok 2 butir kuning telur, bubuk mustard (nggak juga gapapa), dan garam dengan mixer kecepatan rendah 
  2. Tambahkan minyak goreng setetes demi tetes ke dalam kocokan sambil terus dikocok, sampe habis minyaknya
  3. Masukkan air jeruk nipis, kocok lagi, sudah deh
Udah gitu doang. Simpel kan??? Aku juga awalnya ga nyangka ni kuning telur cuma dikit doang bisa apa jadi mayonaise? Mana minyaknya banyak amat pula lagi kalo dibandingin kuning telurnya. Tapi toh dengan modal kesabaran mengocok dan komitmen dalam mengaduk (apa sih) jadi juga tuh mayonaise! Yah meskipun tangan jadi kemeng gara2 mengocok tanpa henti (males ngeluarin mixer, jadi ngocok pake tangan haha) sambil masukin tetes2 minyak, tapi hasilnya lumayan banget!! Setelah dicoba dengan menutul-nutulkan buah ke dalam mangkok mayonaise:
mayonaise bikinan gue hehehe :9
Kata ummi: enak, ummi suka!!
Kata adek: hmm enak
Kata mbak mamin: wah kaya mayonaise beneran mbak tia :D
Kata mbak hari: wih tadi bisa juga jadi kaya gini ya mbak
Kata abi: ......hm lupa abi bilang apa haha

Yo, pokoknya seneng banget berhasil bikin mayonaise yang cukup enak dan "kaya mayonasie beneran" di percobaan pertama ini :) Anda mau coba?

TIPS:
- Masukin minyaknya beneran harus tetes demi tetes memang, sambil dikocok yang heboh. Tapi lama2 kan adonannya ngembang tuh, jadi makin lama bisa makin banyak yang dimasukin :)
- Garamnya jangan kebanyakan, nanti asin dan jadi ga enak >,<

Gitu deh homemade mayonaise a la chef Muthia :D (sok-sokan chef padahal mayonaise doang haha) Selama mencoba. Sesuai dengan prinsip masak mbak Zaki: Nggak enak? Tanggung sendiri! :9

No comments:

Post a Comment