Wednesday, August 1, 2012

Masjid Teroke

Mosque is a place of worship for followers of islam (wikipedia)

Saya sudah mengunjungi banyak masjid di Indonesia (lebay, sebenernya di Jawa doang sih -__-). Saya suka masjid. Suka arsitekturnya yang khas, suka suasana tenangnya, suka atmosfer religius sejuknya, suka bagaimana masjid sering jadi pelarian saya kalo lagi kusut. Kadang kalo lagi khusyu' banget, saya merasa bisa merasakan (?) kehadiran malaikat2 di sekeliling saya, dan merasa bahwa Allah sedang ngeliatin saya dekat sekali :") Yaiyalah, Allah kan memang selalu dekat, lebih dekat dari arteri karotis (baca: urat nadi leher) bahkan :")


"Faidzaa sa alaka 'ibaadii 'annii fainnii qoriib. ujiibu da'wataddaa'i idzaa da'aani falyastajiibuu lii wal yu'minuu bii la'allahum yarsyuduun"
"And when My servants ask you concerning Me, then surely I am very near; I answer the prayer of the suppliant when he calls on Me, so they should answer My call and believe in Me that they may walk in the right way." (QS Al-Baqarah:186)

haha back to the topic. Dari semua masjid yang sudah saya sambangi, ada beberapa yang jadi favorit saya banget:

1. Masjid Sabilillah Malang

Tentu saja, Masjid Sabilillah, yang sudah familiar banget sama saya sejak kecil, adalah yang paling favorit. Sejak SD, saya dan temen2 SDI Sabilillah yang lain sholat dzuhur dan ashar di sini. Bahkan kadang Maghrib juga, kalo abi dan ummi lupa jemput hehe. Suasana dalemnya khusyu' banget, damai gimana gitu. Karpetnya empuk, dan imamnya suaranya enak bgt. Sampe sekarang pun kalo pulang ke Malang saya selalu sempatkan untuk mampir di Sabilillah, sekedar nemenin ummi ngaji atau silaturahim sama guru SD. Bahkan ada rencana kalo nikah pingin di sini haha #salahfokus. Halaman parkirnya luas bgt gitu, cocok aja rasanya kalo buat nampung tamu2 pernikahan haha (apacoba). Di halamannya ada Cak Gun,pak bakso yang setia banget dari jaman SD jualan di sini. Baksonya lah yang jadi teman saya menunggu jemputan waktu hujan sore-sore di pelataran masjid Sabilillah :) Dan baru2 ini makin berkembang: ada hall pertemuannya, perpus masjidnya makin oke (dulu saya suka ngumpet disini, baca2), mukenanya makin banyak, karpetnya tambah empuk, ada kliniknya, pokoknya enak deh

courtesy of foursquare

2. Masjid Insan Cendekia Serpong
Nah, kalo ini adalah masjid di mana saya menghabiskan banyak waktu saat masa SMA. Di masjid ini kami (saya dan temen2 SMA) sholat 5 waktu, lantas duduk-duduk (dan tiduran) sambil berbincang atau sekedar menikmati kicauan burung yang mendiami kubah masjid. Di sini kami sering diam dan belajar saat minggu2 ujian. Di "backside of masjid" kami mengadakan pertemuan2 penting. Di "Permadani" yang berAC dan koleksi bukunya keren2, saya suka kelesotan menunggu adzan. Di sini bahkan kami foto2 narsis saat bergiliran membersihkan masjid ini tiap hari Ahad. Sungguh banyak kenangan di masjid Insan Cendekia (sekarang namanya Masjid Ulil Albab). Di sini pula lah saya mengerjakan beberapa sholat terbaik saya :)
courtesy of blog Andira

3. Masjid Al-Akbar Surabaya
Masjid ini terkenal sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara (menurut iklan Mie Sedap). Arsitekturnya megah, dan sesuai namanya, akbar, masjidnya bener2 besaaarrrr sekali sodara2 :") Saya suka bingung sendiri mau sholat di mana saking gedenya hehe. Halamannya juga luas banget. Yang paling saya suka adalah menaranya, karena dari puncaknya saya bisa menikmati pemandangan kota Surabaya. Di halamannya juga ada beberapa pedagang makanan, jadi bisa sambil piknik #salahfokus #lagi

courtesy of sasfmsurabaya.net
Nah itu dia. tentu saja masjid2 ini bukan yang terbaik di dunia. Tapi sejauh ini ketiganya lah yang paling saya sukai (belum ke Masjidil haram sih ya, semoga deh amiiin)

Selain itu, ada beberapa juga pengalaman saya dan masjid yang tak terlupakan

  • Masjid Al-Hakim BSD City. Suatu hari Ramadhan, sama ummi, sholat maghrib di sini dapat buka opor ayam. Dapet kenalan seorang mbak yang baik, nganterin kita ke stasiun rawabuntu, dan punya nenek di Salemba :)
  • Masjid Al-Ikhlas Langsep, Malang. Cuma 2-3 kali saya ke sini, tapi pengalamannya selalu asik. Imam  tarawihnya suaranya surgawi bangetttttt mau nangis rasanya :")
  • Masjid Cut Meutia Menteng, Jakarta. Meskipun deket banget sama kosan, cuma sekali saya ke sini. Itu pas saya terjebak macet di Menteng, dan takutnya kalo lanjut sampe kosan ndak kedapatan Ashar. Akhirnya turun tengah jalan. Arsitekturnya unik sekali, masih jaman Belanda gitu. Nama masjidnya sama kayak saya :)
  • courtesy of labib85.wordpress.com
  • Masjid Pondok Indah Jakarta, cuma ke sini sekali. Pas itu terjebak macet yang sangat parah di Jakarta Selatan, dan dapet sholat maghrib bener2 menit terakhir. Alhamdulillah masih dapet haha.
    • courtesy of streetdirectory.com