Wednesday, August 1, 2012

Musholla Mall

Sebagai Anak Gaul Jakarta (ohyaaaa -__-) saya cukup sering berkeliling berbagai mall yang banyak sekali bertebaran di Jakarta ini bagai jamur di musim hujan (padahal nggak juga sih) (cupu). Nah sebagai Muslimah juga, pastinya salah satu tempat yang pasti disambangi di mall adalah Musholla nya. Karena tak bisa dipungkiri jalan2 di mall memang sering berbenturan dengan waktu sholat, jadinya tak boleh menunda kewajiban kan :) 

Sayangnya budaya sekulerisme membuat kebanyakan mall melupakan aspek sakral dari musholla ini. Banyak yang menempatkan musholla ala kadarnya di tempat parkir atau di basement, seringkali panas, pengap, dan penuh. Padahal kan tempat ibadah gitu ya, tempat berhubungan manusia dan Penciptanya. Mallnya aja dibikin hedon, sejuk, keren. ckck. Tapi nggak semua sih, ada juga mall yang mushollanya cukup layak dan bisa dibilang bagus malah :D

Grand Indonesia
Sebagai mall paling gaul abad ini (siapa jg yang ngasih gelar haha) GI memperhatikan banget aspek musholla. Setau saya musholla di sini ada beberapa, di lantai LG (yang paling besar), lantai 5, dan satu lagi lupa lantai berapa. Secara GI nya sendiri gede banget lah ya, ada West Mall dan East Mall, saya lupa juga ini musholla nya di west apa east. Yang jelas sangat layak buat beribadah: luas, sejuk, tempat wudhunya bersih, dipisah (penting!), dan ada mbak penjaganya tempat penitipan sepatu. Bahkan kalo puasa kemaren pas maghrib dibagiin ta'jil gratis hohoho.
Ini gatau musholla lantai mana. Karpetnya empuk banget kan :) courtesy of twicsy.com
Pacific Place
Cuma sekali saya ke sana, dan merasa salah kostum banget pake baju kuliahan haha. Jadi ini mallnya elit gitu, barang2 jualannya bahkan lebih tinggi dari GI. Ya jelaslah ya, tak layak kalo dia bikin musholla asal-asalan. Mushollanya bagus banget, dalam gedung (ga di tempat parkir), tempat wudhunya bersih, dan ruang sholatnya dingin, wangi, berkarpet empuk :D Yang unik adalah di musholla Pacific Place ada self service semir sepatu, jadi pada berjejer bapak2 di bangku panjang menyemir sepatu masing2. Lucu aja pemandangannya :) Semirnya pun bisa milih, ada warna hitam, coklat, dsb. Ada juga kotak P3K yang self-service juga
Ini baru musholla :D courtesy of pacificplace.co.id

Self Service semir sepatu. Courtesy of unggulcenter.org

Senayan City
Ke sini dulu sama Aspe pas traktiran ulang tahun ke 19 dia. Label mushollanya "Executive Musholla" wooh jadi dikhususkan buat pengunjung mallnya. Buat pegawai dan karyawan di musholla yang lain (entah di mana). Bagus sih mushollanya, namanya aja "executive" haha. Bersih, dingin, dan ada tempat penitipannya juga. Mungkin maksudnya dipisah karyawan-pengunjung biar menghindari penuhnya musholla pas peak hour kali ya. Tapi kesannya gimana aja gitu, sholat kok dibeda2kan haha. Pikiran sekilas seorang saya sih.
the executive musholla. courtesy of ramadan.detik.com
WTC Mangga Dua
Nah ke sini lagi2 cuma sekali (ngapain juga aye jauh2 ke Mangga dua sana) waktu itu beli modem. Dan yang mengejutkan, meski mushollanya di tempat parkir dan tempat wudhunya sekilas kurang bersih (nggak sebersih GI dkk yang mall2 elit) tapi ruang sholatnya keren bo. Jadi dia satu bangunan sendiri, 2 tingkat gitu. Lantai bawah buat tempat wudhu dan sandal2, lantai 2 ruang sholatnya. Ga nyangka deh kalo dari luar. Ruang sholatnya bagus, berkarpet tebal, hijabnya tirai tebel mewah gitu, terus dingin ACnya wihihi. Terus adzan dan jamaahnya juga enak banget :)

Kuningan City
Buat yang belum tau, ini mall baru di sebelah Ambassador, ITC Kuningan itu, deretannya lah pokoknya, jalan dr. Satrio, Kuningan. Karena mall baru, waktu itu saya ke sana mau nonton dengan harga promo karena XXI nya baru buka hehe. Lumayan, menghemat. Terus mushollanya luas, adem, tempat wudhunya juga bersih banget (tapi saya sempet kepeleset hehe). Sayang nggak ada cermin dan mukena :)

No comments:

Post a Comment