Tuesday, August 14, 2012

I'tikaf di Istiqlal

[sebenarnya ini postingan uda mulai dibuat sejak berhari2 lalu tpi baru bisa diselesaikan sekarang -__-]

Tak terasa Ramadhan sudah masuk 10 hari terakhir. Masjid di mana2 mulai rame dengan acara i'tikaf, dan saya yang sebenernya sejak hari kesatu Ramadhan pingin ke Istiqlal, akhirnya memutuskan ingin i'tikaf di Istiqlal sama Risqon, teman yang bernasib sama dengan saya (pingin ke Istiqlal tapi gajadi2 haha)

Awalnya sempet galau mau pergi apa enggak, karena kebetulan badan saya lagi nggak sehat-sehat banget. Tapi karena tidak ada waktu lagi (keburu pulang ke Malang) akhirnya saya nekat pergi ke Istiqlal, bela2in ngantri busway 30 menit di Senen :) Dan sungguh nggak rugi karena:
- Istiqlal keren bangetttz
Ga mau kedengeran norak ya haha. Sebenernya ini uda kesekian kalinya saya ke Istiqlal, tapi baru kali ini untuk i'tikaf. Nah kalau i'tikaf di masjid, ini kali pertama saya i'tikaf di masjid yang beneran (dari isya hingga subuh stay d masjid) :D Dan masih saja saya terpesona dan takjub dengan kemegahan Istiqlal. dalam hati: widih gede abis ya nih masjid...muat berapa juta orang?? #lebay

- Qoriahnya Bu Maria
Di Istiqlal, selama Ramadhan ada banyak sekali acara2 keren. Di antaranya pembacaan tilawah Al-Qur'an oleh qori-qoriah nasional-internasional, ba'da Isya, sebelum tarawih. Nah, kok ya pas banget hari itu yang diundang adalah bu Maria Ulfah, qoriah juara internasional yang kenalannya ummi saya :") Dulu bahkan saya sempet belajar qiroah di pesantren beliau di daerah Ciputat selama seminggu ehehe. Tapi saat itu Bu Maria nya lagi ke Kep.Riau ngejuriin MTQ, jadinya saya belajar sama seorang murid beliau. Di Istiqlal inilah pertama kalinya saya denger Bu Maria tilawah LIVE. Dan Subhanallah Masya Allah Laa haula walla quwwata illa Billah, itu suara Bu Maria enak banget merdu sekali ah pokoknya super duper menggetarkan hati deh. Seriusan ga lebay. Al-Quran sendiri saja sudah menggetarkan hati, ini dibacakan oleh Qoriah berkualitas, tanpa sadar mata saya berkaca2. Padahal waktu itu ga ngerti juga ayatnya (surat Fusshilat) tapi terasa terharu bangettt denger Bu maria tilawah :"""") aku rekam, pingin kumasukin sini tapi gimana caranya? haha.

-Makan mie ayam ijo
Karena datang pas adzan maghrib (insiden nunggu busway lama di senen) jadinya saya ga kebagian buka puasa gratis :" Alhamdulillah habis tarawih, ke bazar Ramadhan d halaman Istiqlal ada yang jual mi ayam ijo. Lumayan rasanya, haha. unik lo mi nya warna ijo...(kampung ya gw?)

-Acaranya nonstop
Jadi habis maghrib, ada tilawah oleh Bu Maria, dan ceramah tentang "Peran Social Media dalam Dakwah" oleh ustadz seseorang. Lalu habis tarawih (2 gelombang bo tarawihnya, ada yang 11 dan 23 rakaat) ada tadarusan sampe jam 12, terus ceramah lagi, kali ini tentang bagaimana Rasulullah menghidupkan malam-malam 10 terakhir Ramadhan. Lanjut qiyamullail solat witir 11 rakaat ngabisin 1 juz (malam 21, jadi juz 21). Inget pokoknya saat iu solat Isya, tarawih, sampe qiyamullail nya yang dibacain surat Ar-Rum melulu haha. Malam 21 sih. Terus sahur bersama. Nah ini yang unik, sahurnya berjejer rame2, dengan sahur yang disediakan gratis oleh Istiqlal :9

Habis sahur, sholat Subuh lanjut ceramah pagi. Terhitung di Istiqlal kali ini saya denger 3 ceramah haha. Dan ajaibnya ini pertama kali saya i'tikaf semaleman, ga tidur lo :") Yah walaupun paginya langsung tepar di kamar sampe siang haha.

Gitu deeeeeeeeehhh acara i;tikaf kali ini. Bagi temen2 yang belum pernah bermalam di masjid, cobain deh. Seru loh :") Gausa solat2 juga gapapa. Betapa mulianya Ramadhan, bahkan duduk doang diem di masjid pun dapat ganjaran :D

bonus: foto2 jakarta di pagi hari sepulang i'tikaf
katedral depan istiqlal. betapa Indonesia toleran antar agama :)
Pinggir lapangan Banteng. Jakarta pagi hari :)
Qoqon teman i'tikaf :D

No comments:

Post a Comment