Saturday, July 30, 2011

Belajar "Islamic Networking" dari Lebah yang Menari

Mungkin pembaca blog ini (siapapun anda, hehe) memperhatikan widget di sebelah kiri page blog saya, ada lebah yang tersenyum lebar dan menggumamkan ajakan ngomen. hehe lucu kaaan lebahnya, iya saya memang sengaja memilih widget yang berupa lebah imut itu karena menurut saya, lebah adalah makhluk yang luar biasa.
Lebah masuk dalam kelompok serangga karena memiliki 3 pasang kaki yang beruas-ruas. Ciri khas dari lebah adalah abdomen (perut) nya yang bergaris-garis kuning hitam, kombinasi warna yang meungkin sedikit mengingatkan kita akan Police Line. Dengan sayap halusnya. lebah terbang kesana kemari mencari nektar di bunga-bunga untuk makanannya.

Yang menarik dari lebah adalah kehidupan sosialnya. Lebah hidup dalam koloni yang tinggal di satu sarang. Koloni ini bisa terdiri dari ribuan, bahkan mungkin ratusan ribu ekor lebah. Ada banyak variasi penduduk "negeri sarang lebah" (cieh bahasanya) dari masing-masing spesies lebah, namun yang umum adalah:

-Ratu Lebah >> seekor lebah betina fertil (bisa berketurunan) yang tugasnya hanya bertelur, bertelur, dan bertelur demi kelestarian negeri sarang lebah

-Lebah pekerja >> ribuan lebah betina steril (mandul). saat masih muda, tugasnya membersihkan sarang dan mengurus bayi-bayi lebah. saat remaja, ia mulai bisa membuat sarang. Dan saat dewasa, ia bergabung dengan lebah dewasa lain mengumpulkan makanan dan menjaga sarang. Saat tua ia meninggalkan sarang dan menghabiskan sisa hidupnya dengan mengumpulkan makanan sendiri.

-Lebah jantan >> beberapa ribu lebah jantan fertil yang tugasnya membuahi ratu lebah, agar ratu lebah bisa beranak. Lebah jantan ini biasanya mati dalam tugasnya.

Dari kesemua perilaku lebah, yang paling menarik mungkin tariannnya. Tahukah anda bahwa lebah berkomunikasi antar mereka dengan cara yang unik yaitu tarian? Tarian lebah, atau bahasa kerennya "Waggle dance" ini adalah perilaku lebah yang bertujuan memberitahukan kepada lebah lain lokasi bunga yang bisa di"panen" hehe

Lebah yang menemukan bunga kembali ke sarang dan terbang dalam pola seperti angka 8

jadi arah lebah menari secara "waggle" atau liku-liku merupakan arah bunga relatif terhadap matahari. jika bunganya searah matahari, maka arah waggle nya lurus ke atas. Jika bunganya bersudut sekian derajat dari matahari, maka wagglenya pun arahnya membentuk sudut sekian derajat dari garis vertikal.

sementara durasi dari waggle itu menentukan jarak bunga dari sarang. Jika jaraknya jauh, lebah semakin lama berwaggle..

waggle dance berbentuk seperti angka 8, jadi setelah berwaggle, lebah belok kanan dan kembali ke titik asal, ber waggle lagi, lalu belok kiri dan kembali ke titik asal, waggle lagi, begitu seterusnya ke kanan dan kiri bergantian.

Selain itu, lebah juga memperhatikan keselamatan temannya. suatu percobaan pernah dilakukan, dengan menaruh bangkai lebah pada bunga. Lebah pekerja yang menemukan bunga tersebut kembali ke sarang namun ia melakukan waggle dance, dengan ogah-ogahan yang maksutnya kurang lebih
"ada predator di bunga yang gw tunjukin ini, mending jangan cari makan ke sana"

Subhanallah, betapa lebah telah mencontohkan pada kita cara hidup bersosial yang baik dan islami, saling bantu-membantu, dan tidak makan teman.

"ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia...." QS Ali Imron 191

all thanks to: Wikipedia :)

1 comment: