Tuesday, July 24, 2012

H4 - Review "Love Is A Four Letter Word"


link above is one well-written review of Jason Mraz's "Love Is A Four Letter Word". Well some people say this album is not Mraz's best, and indeed i agree. I personally prefer his "We Sing, We Dance, We Steal Things". And like mas ajirenji (whose post i linked above), i need more than one listening session to like this album. At first, i was like... oh okay, nice try, Mraz (-__-)...but when i listen to it over and over again, i begin to understand the beauty of his songs in this album ;D.

The first song i listen, of course is the single "I Wont Give Up" which was released on early 2012. Then when the album's out, i downloaded (not buy, no money, mahasiswa) it and listen to the whole tracks.

1. The Freedom Song
2. Living in The Moment
3. The Woman I Love
4. I Won't Give Up
5. 5/6
6. Everything Is Sound
7. 93 Million Miles
8. Frank D. Fixer
9. Who's Thinking About You Now?
10. In Your Hands
11. Be Honest (feat. Inara George)
12. The World As I See It
13. Hidden Track (I'm Comin Over)

To be honest, gue (ganti bahasa) baru dengerin Mraz sejak album 2008 dia yang We Sing We Dance itu, karena terpesona banget sama "I'm Yours". haha ni lagu uda menggema banget sampe semua radio muternya itu pas jaman SMA 2008. Dan dibandingin sama We Sing We Dance sih, album yang ini terasa lebih sendu gimana gitu. Apalagi yang pertama gue denger kan "I Wont Give Up". Itu lagunya memang mellow dan indaaaaaaah banget. Sekali denger langsung suka sih kalo I Wont Give Up nih :)

Tema albumnya sih Mraz bilang "cinta" la wong judulnya aja Love Is A Four Letter Word kan.  Tapi kalo anda cermati liriknya, nggak semuanya tentang cinta yang "cinta" itu. Ada 93 million miles yang tentang kasih sayang orang tua, The World As I See It yang aku ga ngerti maksutnya (lol), sama Freedom Song yang tentang lingkaran setan haha. Gimana ga lingkaran setan, liriknya gini:
"when i calm i feel good
and when i feel good i sing
and the joy it brings, it makes me feel good
and when i feel good i sing"
>> LOL what a wordplay. when he feels good he sings, when he sings he feels good then he sings again so that he feels good again -__-

Secara melodi juga, cenderung mendayu-dayu, beda banget memang kalo dibandingin sama album dia yang paling jadul (Waiting For My Rocket To Come dan Mr. A-Z) yang isinya lagu-lagu bawel semua dan bikin monyong-monyong kalo diikutin. Gue juga baru tau 2 album ini pas gaul sama Mirza, seorang temen yang entah kenapa justru lebih suka Mraz bawel daripada Mraz mellow. Dia yang dulu pertama kali rekomen You And I Both (dari album Waiting for my rocket); yang sampe sekarang adalah lagu Mraz favorit guee. Tapi anything Mraz sings sounds good sih, secara suaranya emang enak :)

Isi albumnya cukup bervariasi, dari Freedom Song (gue denger lagu ini uda lama sih, sejak awal masuk FKUI kayaknya uda ada) yang dihiasi melodi reggae, Living In the Moment yang diawali siulan-siulan macam lagunya Archuleta yang judulnya gue lupa -_-  Your Eyes Don't Lie, 5/6 yang gue gatau itu suara instrumen apaan tapi keharmonisannya enak banget didenger ^^v, Everything Is Sound yang akustiknya oke tapi sayang liriknya hale---- macam orang nasrani haha. Be Honest sama I'm Comin Over juga nadanya playful meskipun masih cenderung sendu, dan yang penting gitarannya bagus :)

Tapi dari semuanya selalu ada yang favorit dong. Teteup aja, favorit ku dari album ini adalah Who's Thinking About You Now. No particular reason sih, cuma mungkin karena lagunya galau. Ini lagu yang cocok banget buat kaum friendzoned haha (doesn't mean i'm feeling friendzoned loh ya -__-)Yah seperti biasa, lagu galau selalu punya tempat tersendiri di hati gue (apa coba haha). 

Selain itu, Freedom Song, I Won't Give Up, I'm Comin Over, sama The World As I See It (yang sekarang jadi ringtone hp gue walaupun jarang bunyi karena selalu silent) juga bagus-baguus :"). Liriknya sih terutama, soalnya Mraz emang menurutku kalo bikin lirik nggak asal, dia pilih diksinya yang ngena banget. Coba aja A Beautiful Mess (dari album We Sing We Dance, udah pernah tak post kayaknya) itu liriknya somehow oke banget haha.

Belakangan sih sebenernya aku juga jadi suka ngebawel dan nge-rap sama 2 album terjadulnya, mulai dari The Remedy (gue udah apal dan bisa ngikutin lo, bangga), Geek In The Pink, Did You Get My Message, Curbside Prophet, Sleep All Day, sampai Wordplay (yang isinya semacam Mraz narsis haha). Lumayanlah, kecepatan ngemeng Eengliz gue terasah gara2 ngebawel bersama Mr A-Z :D

anyway busway, perasaan postingan ini campur2 banget deh. Awalnya bahasa inggris trus ganti gue-saya-aku haha. suka2 lah, bikinnya juga lagi cepet2 nih mau remed KKD EKG.
Thanks For Reading, udah ditungguin Titin mau remed tu gue di RK Parasit, jauh tempatnya haha. Have a nice Ramadhan :")

No comments:

Post a Comment