Wednesday, July 18, 2012

Suara Hati Natse, Alfin, dan Krostase

Perkenalkan, nama lengkapku neutrofil elastase, panggil aja Netse. Aku berasal dari mama neutrofil yang melahirkan aku dengan susah payah saat dia bekerja mengatasi injury di jaringan dan mengakibatkan radang, atau bahasa kerennya inflamasi. Karena aku dilahirkan di lingkungan yang carut marut, kehadiranku justru menjadi tidak diinginkan. Aku dianggap sebagai perusak lingkungan, karena setiap ada aku, pohon-pohon elastin dan kolagen di sekitarku, yang menjadi penyokong lingkungan tempat tinggal kami, rubuh. Entah kenapa, aku juga tidak tahu. kata orang, aku ini memang enzim yang ditakdirkan untuk merusak jaringan. Tapi aku sungguh tidak bermaksud. Sekarang semua teman menjauhiku, bahkan makrofag elastase, saudara sepupuku, juga sekarang tidak mau main denganku lagi. cuma geng ku (Geng protease) saja yang masih mau gaul sama aku.;(

Halo, aku alfa-1 antritripsin. susah ya namaku? Haha, panggil saja Alfin. Aku termasuk geng satpam enzim pemberantas preman-preman jaringan, macam Netse, Katse, dan anggota geng mereka yang lain. Aku heran, semakin hari mereka semakin bandel saja, berlarian kemana-mana menyebabkan Pak Kolagen dan bu Elastin jadi pada tumbang. Mana jumlahnya semakin banyak lagi. kayaknya Mama Neutrofil lagi banyak kerjaan, banyak musuh kuman yang datang, jadinya dia melahirkan lebih banyak lagi geng preman gara-gara inflamasi -__- Huh aku harus kerja lebih keras nih. Ditambah lagi kemaren ada makhluk baru yang menyeramkan, si Krostase, yang katanya bisa melawan kekuasaanku dan memakanku. Hiii seremmmmm

Yoo! Nama gue makrofag elastase, panggil aja Krostase. Gue anaknya pak Makrofag, tuan tanah di sini. Gue dilahirkan dengan bakat luar biasa, bisa menumbangkan lebih banyak kolagen dan elastin daripada geng protease yang cupu itu. Iya, si Netse dan teman-temannya itu. Dan lagi, baru-baru ini gue bereksperimen di lab dan menemukan kekuatan super. Sekarang gue ga perlu takut lagi sama satpam Alfin dan om-om gerombolannya, yang katanya sih menjaga keamanan jaringan. cuih, sini aja kalo berani sama gue, gue uda jago sekarang, uda dapet sabuk hitam karate. Hahahahahaha!




-random pasca sumatif 1 respirasi-
-disadur dari Robbins Basic Pathology, bab patofisiologi emfisema-

No comments:

Post a Comment