Thursday, July 19, 2012

Tertohok!

Saya diajak Ngeni buat "mendampingi belajar" anak-anak OSN biologi di IC.

Kontan saya langsung mengiyakan. Dari dulu saya pingin ke IC buat KBS Biologi tapi susah banget cari waktunya. Betapa pas momennya sekarang, saya sedang lumayan kosong dan mumpung Ramadhan. Sayangnya, yang pertama terlintas di pikiran saya justru niat nggak baik, karena pingin dapat uang. Pikiran mahasiswa. Terpengaruh teman yang sudah lebih dulu sukses ngajar anak OSN.

Dan seketika tertohok oleh pesan Ngeni:
"kok diniatkan cari uang sih mbak, ya diniatkan menyenangkan guru-guru lah"

Astaghfirullahaladzim. Betapa dangkalnya pikiran saya. Untung saja disadarkan oleh kata-kata "polos" Ngeni. Dan saya kembali teringat masa-masa itu, salah satu kenangan paling indah dalam era putih-abuabu saya. Ketika saya dibuat takjub oleh ilmu hayat, sebuah ilmu yang semakin membuka mata saya akan kebesaranNya. Ketika saya punya satu bintang yang sangat terang buat dikejar. Masa-masa penuh peluh dan getir, namun selalu manis untuk diingat. Saat belajar bersama di wisma. Saat ngantuk-ngantuk bersama di wisma juga. Saat senang ngabisin konsumsi mewah di wisma pula. Atau saat berdebat seru tentang soal-soal yang kontroversial, di lab biologi :p Pokoknya masa paling berapi-api lah.

Passion saya waktu itulah yang membuat saya bisa seperti sekarang, alhamdulillah, bisa kuliah di FKUI. Kalo ingat betapa besarnya dukungan guru-guru saat itu, yang nganterin konsumsi ke wisma, dan yang memastikan kita dapet buku-buku cukup. Kok ya sangat tidak layak rasanya, sekarang saya mengharapkan uang karena "ngajar" yang bahkan saya sendiri pun belum tentu masih ingat ilmunya. Sekali lagi, astaghfirullah T.T

Ah, sudah berapa lama ya waktu berlalu sejak saat itu. Terakhir kali saya menengok klub biologi, tengah tahun 2011, sudah setahun lebih. Saat itu saya bahkan sudah cengok mengikuti mereka yang sedang persiapan OSK. Kabupaten bo, selevel itu saja saya sudah banyak sekali yang lupa ilmunya.  Ke mana dulu hapalan saya tentang genus-genus serangga? Tentang enzim-enzim glikolisis? ke mana pemahaman saya yang rasanya dulu terang benderang, soal teori genetic drift  dan alel kriptogenik? Tentang perilaku conditioned learning dan tentang rantai energi di alam semesta? Sudah menguap semua? Paling yang melekat ya soal bagaimana tekanan filtrasi di ginjal, berhubung memag itulah yang sekarang saya pelajari di FK. Sedih juga sih, kalo inget betapa dulu saya pernah bisa mengerjakan soal-soal Olim ini dan casciscus, tapi sekarang cuma bisa melongo. Haha. Gitu sok-sokan mau ngajar. Helloooo ngaca Mbak ;D

Tapi saya benar-benar ingin bisa belajar lagi sama klub biologi. kangen rasanya, mendalami seluk beluk kehidupan dan segala fakta menakjubkan di baliknya. Makanya, saya tetap ingin bisa datang besok-besok. Bukan buat "ngajar" atau "mendampingi belajar" memang. Saya bahkan sekarang lebih bego kalo soal biologi  Olim daripada adek-adek yang cemerlang itu. Tapi saya pingin ilmu yang dulu pernah singgah di korteks-korteks otak saya ini bisa terpanggil kembali. Mungkin istilah yang lebih tepat "belajar bersama". Ah, tidak sabar rasanya belajar bersama lagi. Ayo Ngen, ajak Boim dan yang lain juga ;D

Aaaaa kangen full team Biologi dulu :""")
-Afnaan, yang dulu begitu ambisius mengejar mimpi, lebih ambisius daripada saya. Entah, sekarang dia sudah jadi anak Teknik, masih inget ga ya dia soal alel-alel-an? ;D
-Affina, betapa dulu Campbell dia lah yang suka saya pinjem, dan kepadanya lah saya berkonsultasi. Dia dulu berhasil dapat medali di OSN, semoga saja dia masih ingat ilmunya :D
-Ghina, aaaa berapa tahun sudah kebersamaan saya dan ghina, sejak SMA sampai sekarang di FK. Dulu dia lucu banget dan pinter banget, logikanya jalan banget. Kuasumsikan dia sekarang lebih nempel dari aku ilmunya ;D
-Thoriq, wah udah gausah ditanya lagi dah. Dia ini dewanya. 2 kali IBO. 2 kali medali. Sekarang dia di NUS, jurusan biologi. Padahal kalo inget dulu dia ndak kuat melek sampe malam buat belajar...hahaha.
-Boim, mencengangkan aja betapa dulu dia pendiam. tapi pas uda gede jadi dewa kaya Thoriq. Sekarang dia di SITH ITB. dewaaaaa ~(^^)~

ngubek-ngubek foto jadul. ini di wisma, team biologi 2009 + teh celine :")


ini lebih jelas, di Malioboro pas NOMS 2009. Miss u guuys :") Lihatlah Thoriq masih polos, Afnaan masih imut XD




No comments:

Post a Comment