Sunday, August 18, 2013

25Hari25Tulisan #14 Lima Momen

Hari 14 (skip dulu hari 13 karena lola internetnya padahal butuh gambar)
Tema: Lima Momen Pengubah Hidup

1. Ketika masuk pesantren saat lulus SD
Sebenernya saat itu aku ogah banget masuk pesantren, karena stereotip pesantren yang "ndeso, kumuh, ga keren". Tapi entah bagaimana waktu itu aku kok dibukakan hatinya sama Allah agar mau dipondokin orangtua di PP Amanatul Ummah Surabaya. Nyatanya sekarang aku kangen ngaji-ngaji di pondok, sekarang uda susah banget meluangkan waktu buat menuntut ilmu agama, apalagi nyari sumber asatidz yang seoke di pondok dulu. Inget belajar muthola'ah, imla' (ehem, alhamdulillah dulu aku jago lo imla' :)) nahwu shorof (suka bangeet!), bahasa arab (sekarang hiks hiks), akhlaq, fiqih, tarikh, aqidah, tafsir, sampe hapalan Al-Qur'an (yang sekarang sudah terkubur dalam sinaps yang paling dalam, astaghfirullah :( ). Meskipun pesantren cuma 2 tahun, tapi aku merasa dapet banyak banget, yang ga mungkin didapetin kalo ga mondok. Dengan mondok juga, aku diantarkan ke momen pengubah hidup yang kedua...

2. Keterima di MAN Insan Cendekia Serpong
Kalo dulu ga mondok di Amanatul Ummah, rasa-rasanya ga mungkin deh aku bakal masuk IC. Lha wong taunya aja dari Pak Kiai yang cuma membolehkanku meneruskan aliyah di pondok atau di IC. Karena ga betah jadi di IC deh, dan alhamdulillah kok ya keterima dengan nilai pertama padahal psikotes aja :") Kalo di IC ini gausah ditanya deh, adalah the best place i've ever been. Aku ketemu dengan teman-teman yang hebat (ngerasain setres gara2 sekelas sama para genius :")), guru-guru yang keren dan ngayomi, sampai lingkungan yang mendukung banget buat aku jadi lebih baik. Di IC lah aku menemukan jati diri (ciye) dan mengetahui apa yang ingin kucapai dalam hidup. Di IC aku  belajar arti kebersamaan dalam perbedaan, bersama teman-teman ajaib yang saling mendukung dalam suka dan duka. Di IC aku terbiasa disiplin tanpa merasa terbebani. Di IC aku ditantang untuk terus memperbaiki diri, terus belajar mengenal Allah, dan terus berusaha kerja keras. Di IC, aku jadi paham bahwa tidak ada yang mustahil selama kita mau kerja keras dan rela berkorban. Dan di IC, aku makan telor rebus dan susu ultra setiap hari :)

3. Gagal di Olimpiade Biologi Propinsi
Ceritanya pas seleksi kabupaten, yang lolos ke propinsi dari IC adalah aku dan temenku G. Kami digembleng dan dipersiapkan sekerasnya untuk tingkat propinsi. Saat persiapan ini aku pertama kali ngerasain yang namanya "doing what you love", di mana aku bisa ga tidur demi belajar biologi (pertama kalinya aku ga tidur semaleman nonstop). Eh ndilalah seminggu sebelum tanding propinsi, ada si A dan T yang ternyata dinyatakan lolos juga kabupatennya. Mereka pun ikutan aku dan G belajar bareng. Dan tebak, yang lolos ke nasional adalah,..... A dan T. Wah ga kebayang deh betapa saat pengumuman (aku masih inget, malem-malem, di note facebook, di kamar ummi) aku shock berat dan nangis berhari-hari (mungkin lebai tapi beneran :"))Yah, sejak itu juga aku belajar bahwa Allah adalah Yang Maha Berkehendak. Ga peduli aku jungkir balik belajar kalo Allah ga menghendaki aku lolos ya nggak lolos. Tapi Allah juga Maha Tahu. Bayangkan kalo saat itu aku lolos ke nasional mungkin aku ga akan sampai ke momen pengubah hidupku yang keempat...

4. Masuk FKUI
Lho apa hubungannya lolos OSN sama FKUI? hehe pertama harap dicatat, aku gabisa banget fisika dan matematika (dapet 35 bo -_-, worst mark in my whole life), sehingga kalo aku mau masuk FKUI (yang adalah jurusan dengan persaingan terketat seindonesia by then) aku ga mungkin lewat jalur tulis yang mengujikan kemampuan fisika dan matematika advanced, cuma bisa lewat jalur PMDK (waktu itu namanya PPKB UI). Kalo aku lolos OSN, nilai-nilaiku akan "dikasih" sama guru-guru, dan itu mungkin ga sebaik kalo aku belajar sendiri (alhamdulillah semester 1 kelas 3 aku juara 3 Paralel IPA, pelampiasan karena ga lolos OSN jadi belajar kenceng :)). Dan aku mungkin ga ada waktu buat ngurus berkas-berkas PPKB, yang waktu pendaftarannya bertepatan dengan OSN serta persiapannya. Talk about Allah The Know-It-All :) Di FKUI ini insya Allah masa depanku lumayan jelas: jadi dokter. Maka mari manfaatkan waktu sisa 2 tahun d FKUI buat belajar sebanyak-banyaknya biar jadi dokter yang baik :)

5. Ketika mengetahui fakta tentangnya
Haha ini agak private sih, sebenernya agak malu ngomongnya. Intinya ada seseorang yang cukup dekat denganku melakukan sesuatu yang tidak kuduga akan dia lakukan. Ini bikin aku kepikiran banget sampe emosional banget, dan masalahnya berujung panjang sampai sekarang. Doain aja Allah segera ngasih solusi terbaik ya :")

No comments:

Post a Comment