Saturday, August 10, 2013

25Hari25Tulisan #8 Yang Paling Spesial di Antara Yang Spesial

Hari 8
Tema: Al-Qur'an (Usul Muthia)

Al-Qur'an adalah mukjizat yang diturunkan Allah kepada Rasul untuk disampaikan pada manusia. Setiap kata dan semua 114 surat di dalam Al-Qur'an adalah spesial. Namun ada beberapa surat yang memiliki keistimewaan dibanding surat-surat lainnya.

1. As-Sajdah (Sujud)
Surat As-Sajdah adalah surat Makkiyyah yang terdiri dari 30 ayat. Dinamakan surat As-Sajdah karena memiliki ayat Sajdah di dalamnya, sehingga sebaiknya membacanya dalam keadaan suci biar bisa sujud tilawah ketika sampai ayat sajdahnya.
Keutamaan: Dianugerahi iman dan keyakinan yang haqqul yaqin. Orang yang terbiasa membaca surat As-Sajdah, hatinya akan lebih terbuka akan kebesaran Allah dan tanda-tandaNya. Ia bisa melihat dan merasakan hikmah pada hal-hal yang bagi orang lain mungkin biasa saja, sehingga semakin bertambahlah imannya pada Allah. Karena itu, ia juga akan selalu merasa diperhatikan Allah, sehingga semakin berhati-hati dalam bertindak. Pahala membaca Surat As-Sajdah juga sangat besar, sama dengan pahala sholat pada malam Lailatul Qadr. Mari dibiasakan :)

2. Al-Mulk (Kerajaan)
Surat Al-Mulk merupakan Surat Makkiyyah yang terdiri dari 30 ayat, dan merupakan surat pertama di juz 29. Surat ini biasa dikenal juga dengan surat Tabarok, karena diawali dengan ayat "Tabaarokalladzii biyadihil mulku wa huwa 'alaa kulli syai'in qodiir".
Keutamaan: Surat ini sangat terkenal sebagai pelindung dari azab kubur. Diriwayatkan bahwa apabila terbiasa membaca Surat Al-Mulk, ia akan menggantikan kita untuk bertanya-jawab dengan malaikat Munkar-Nakir nantinya di alam kubur. Ia juga akan menjamin bahwa "orang ini yang terbiasa membacaku" tidak layak terhadap azab kubur.

3. Al-Waqi'ah (Hari Kiamat)
Surat Al-Waqi'ah terdapat pada juz 27. Ia merupakan surat yang terdiri dari 29 ayat dan termasuk ke dalam surat Makkiyyah. Surat ini mudah dibaca dan dihapal karena ayatnya pendek-pendek dan mirip-mirip. Saking pendek-pendeknya jadi lebih mudah apabila bacanya diwashol (dilanjutkan) kalau boleh, karena kalau diwaqof (berhenti) akan cepet kehabisan napas (kalo saya sih)
Keutamaan: Surat Al-Waqi'ah sangat terkenal sebagai "pesugihan"nya orang Islam. Karena Nabi bersabda, barangsiaa yang terbiasa membaca surat Al-Waqiah, tidak akan faqir selamanya. Ini beneran loh, sudah terbukti, insya Allah, hehe. Karena ummi saya mengajarkan surat ini pada ibu-ibu tetangga, sekarang mereka kehidupannya sudah jauh leih baik sejak rutin membaca Waqi'ah. Ummi sendiri sejak saya kecil dulu sudah rajin baca Waqiah, bahkan sambil ngapa-ngapain, sehingga saya mau tidak mau jadi hapal juga karena seringnya denger (alhamdulillah :))

4. Al-Fath (Kemenangan)
Surat Al-Fath adalah surat Madaniyyah yang terdiri dari 29 ayat. Saat turun surat ini, Rasulullah SAW sangat senang, karena memberitakan tentang kemenangan-kemenangan yang telah dan akan dicapai Rasulullah SAW. Dinamakan Al-Fath sendiri karena ayat pertamanya saja sudah ada fath-fath nya ("Innaa fatahnaa laka fathan mubiinan").
Keutamaan: Rasulullah sangat menyenangi surat ini, lebih daripada apa saja yang disinari matahari. Barangsiapa membaca surat Al-Fath setiap hari, kelak akan dikumpulkan dengan orang-orang yang syahid di jalan Allah. Pahalanya juga sama dengan berperang syahid bersama Rasulullah ketika pembebasan kota Mekkah. Ia juga akan dimudahkan dalam peperangan melawan hawa nafsu dan godaan setan dan diberi kemenangan atasnya.

5. Ar-Rahman (Maha Pengasih)
Surat Ar-Rahman terletak di juz 27, pas sebelum Al-Waqiah. Ia terdiri dari 78 ayat dan tergolong surat Makkiyyah. Surat ini terkenal sebagai pengantinnya Al-Qur'an. Dan ia juga sangat unik karena mengandung satu ayat yang diulang-ulang sebanyak 31 kali. ("fabiayyi aalaa'i rabbikumaa tukaddzibaan" -> "maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?") Isinya menceritakan tentang kenikmatan surga bagi orang yang berbuat baik. Enak banget deh bacanya :)
Keutamaan: Diceritakan nanti di hari kiamat, surat Ar-Rahman akan mengambil wujud manusia yang paling rupawan dan paling harum baunya. Tidak ada yang bediri lebih dekat pada Tuhan daripadanya. Allah akan menanyakan kepadanya "Siapa yang dulu di dunia terbiasa bangun malam dan membacamu?" Kemudian Ar-Rahman akan menjawab "A Be Ce De" Lalu bersinarlah wajah orang-orang tersebut. Allah kemudian memeritahkan Ar-Rahman untuk memberi syafaat kepada orang-orang tersebut.

Itulah. Sungguh banyak fadhilah yang bisa kita peroleh dengan membaca surat-surat di atas. Semuanya insya Allah ada sumber validnya, hanya saja tidak saya masukkan sini karena nanti jadi membosankan, jadi saya sadur dengan kata-kata saya sendiri (apa masih ngebosenin? :p) Awalnya mungkin memang sulit, tapi insya Allah kalo uda terbiasa semua surat di atas gampang kok untuk dibaca dan dihapalkan. Cukup sediakan waktu khusus buat mereka, dan mereka akan menolong kita dari arah yang tidak kita duga :)
Kalo saya, surat As-Sajdah dan Al-Fath terbiasa dibaca setiap pagi, Al-Waqiah saat menjelang Maghrib (setelah Asy-Syams), Al-Mulk dan Ar-Rahman masih belum rutin nih :") Ramadhan kemarin saya coba biasakan sebelum tidur, semoga terbawa terus sampai nanti-nanti :) Dan alhamdulillah, fadhilahnya sedikit banyak sudah terasa. Mari sama-sama kita istiqomahkan.



No comments:

Post a Comment