Thursday, August 15, 2013

5 Distinct Constellation You'll Easily Recognize

"Langit adalah seindah-indah lukisan" -@azmisyarif.
Tak peduli langit pagi, langit siang, langit senja,. Tapi favorit saya adalah langit malam, di mana bintang-bintang kelihatan terang dan banyak. Beberapa bintang berkumpul membentuk konstelasi, yang sebenarnya fiktif belaka. Konstelasi dibuat manusia agar mudah mengelompokkan dan menamai bintang. Tentu saja, setiap konstelasi itu unik. Tapi tidak semua konstelasi mudah dikenali, terutama jika bintangnya mirip-mirip dan redup. Here's 5 constellation you will hardly miss, karena khas banget dan mudah ditemukan :)

1. Orion the Hunter
Siapa sih yang nggak tau Orion? Orion ini kayaknya memang paling mudah ditemukan dan paling gampang dikenali, karena susunan bintangya yang khas banget (tiga bintang jejer-jejer sebagai sabuk, satu bintang kemerahan sebagai ketek Orion) dan bintang-bintang penyusunnya memang exceptionally bright. Apalagi Orion ini letaknya di ekuator bola selestial, intinya, dia bisa keliatan dari seluruh penjuru bumi. Bintang yang menyusun Orion ini paling terang ada Betelgeuse (ketek kanan Orion), Bellatrix (ketek kiri Orion), Alnilam, Alnitak, dan Mintaka (3 bintang penyusun sabuk Orion yang "Orion banget"), Rigel (lutut kiri Orion) dan Saiph (lutut kanan Orion). Semuanya terang-terang dan keliatan jelas :)

ini Orion nya
2. Scorpius the Scorpion
Konstelasi Scorpius terkenal karena merupakan salah satu dari 12 zodiak. Karena itulah, Scorpius ditemukan pada garis ekliptik, sejajar dengan 11 konstelasi zodiak lainnya, dan terletak di antara konstelasi Libra dan Sagittarius. Menurutku, Scorpius ini adalah konstelasi yang bentuknya paling jelas. Kan ada juga konstelasi yang bentuknya khayal banget sampe ga kebayang. Orion aja harus pake mata iman biar keliatan kaya pemburu. Tapi kalo Scorpius ini insya Allah semua juga setuju kalo bentuknya mirip kalajengking. Ada tiga bintang terang yang jadi kepala dan capitnya, trus bagian thoraks (aih, biologi :p) ada tiga bintang terang juga, dengan bintang yang paling terang di bagian tengah thoraksnya, namanya Antares, warnanya merah terang.

see the scorpius? ;)

3. Taurus the Bull
Bukan chauvinisme ya, mentang-mentang zodiak saya Taurus, hehe. Tapi memang Taurus ini konstelasinya gampang dikenali. Bentuknya khas banget, seperti huruf V yang disusun oleh lima bintang terang, yang paling terang ada di ujung salah satu kaki V, namanya Aldebaran. Warna Aldebaran merah terang juga kaya Antares, karena mereka berdua adalah bintang yang usianya sudah sangat tua. Kan semakin tua usia bintang, warnanya akan semakin merah, sebelum akhirnya meletus dan menjadi massa kerdil berwarna putih di luar angkasa.

Ohya, di dekat huruf V tadi juga ada sekumpulan bintang yang numplek berdekatan sekali, membentuk kluster (star cluster), namanya Pleiades. Biasanya yang keliatan ada 5-6 bintang pada kluster Pleiades, dengan bintang yang paling terang namanya Alcyone. Pleaides ini diceritakan sebagai tujuh perempuan bersaudara di mitologi Yunani. Sementara Taurus, atau banteng, adalah jelmaan dari Io, gadis yang dijatuh-cintai oleh Dewa Zeus dan dirubah jadi banteng agar ga ketahuan sama Hera, istrinya Zeus. Kalo secara ilmiah sih, Io adalah salah satu satelit planet Jupiter yang paling besar, selain Ganymede, Callisto, dan Europa (aku tau ini dari Harry Potter loh) :p

Btw busway, Taurus ini terletak pas di sebelah Orion. Jadi ceritanya Orion ini si Pemburu yang lagi bertarung dengan Taurus si Banteng. Tiga bintang yang jadi sabuk Orion itu menunjuk ke arah Taurus loh, itu salah satu cara gampang menemukan Taurus :)

Orion dan Taurus di langit malam
4. Crux the Southern Cross
Ini adalah konstelasi yang pertama kali saya tahu, dulu pas awal-awal SD. Crux atau biasa dikenal salib selatan, sesuai banget sama namanya: berbentuk salib, dan menunjukkan arah selatan. Ini nih salah satu tanda kekuasaan Allah yang berfirman "Telah Kuciptakan bintang-bintang untuk menunjukimu jalan di kegelapan daratan dan lautan" :D

5. Cygnus the Swan
Sebenernya uda bingung sih, apalagi konstelasi yang keliatan jelas. Tapi belakangan aku menemukan satu konstelasi yang mayan jelas, karena bentuknya bagus dan bintangnya juga terang, apalagi letaknya dekat dengan salah satu bintang paling terang, Vega. Dialah konstelasi Cygnus si angsa, dengan bintang paling terang yaitu Deneb, meskipun bentuknya ga da angsa-angsanya, tapi bayangin aja dia sebagai angsa dengan kepala di bawah yang mau menyelam ke cakrawala (cie:D). Konstelasi ini biasa ditemukan di utara. Belakangan juga aku baru tau kalo Cygnus dikenal sebagai salib utara, lawannya salib selatan, dan memang berguna untuk menunjukkan arah utara :)
Cygnus, dengan Vega di sebelah kanannya


No comments:

Post a Comment