Thursday, April 1, 2010

inspirasi baru

-ini aku ambil dari blog orang:)-

Mau kemana sih omongan gue kali ini? Gue juga bingung… pengen bilang aja, buat murid2ku, tolong deh, jadi mahasiswa FKUI tuh:
- Jangan sampe gak begaul!
Jangan cuma belajar aja, ngumpet di kamar kos, gak pernah jalan2, gak pernah ikut eks kul, gak ikut organisasi … ikut lah, asal pinter bagi waktu aja. Pusing loe, kalo gitu mulu! .. O ya ada yang pernah ngomong ma gue: "Dok, saya gak setuju soal mahasiswa harus bergaul. Menurut saya itu buang waktu dan uang aja". Wuah, pengen tau gue, ntar pas lulus jadi dokter kayak apa dia… Masuk Bedah ato Anestesi ato Forensik kali .. huahua…
- Kalo punya masalah dan gak bisa memecahkan sendiri, teman juga gak bisa, mau ngomong sama ortu susah .. ada yang namanya konselor Bagian, konselor Tingkat, sampe konselor Fakultas. Kalo ngomongnya gak asik, gak nyambung, gak cocok.. cari deh.. masa dari sekian ratus staf pengajar gak ada yang bisa diajak ngomong sih? Biasanya kan di tiap stase ada pembimbingnya dan biasanya kan deket tuh.. ngomong deh sama mereka. Pilih yang cocok. Kalo gak ada, coba deh .. Staf Bagian Psikiatri kan konselor semua tuh… mintalah ke salah satu dari mereka (gak perlu ke gue!!! yang lain juga bisa). Kami juga punya psikolog klinis kok. Sexeeeh2 pula .. check out: Tiana deh! :D
- Kalo karena satu dan lain hal terpaksa gak bisa kuliah, ajukan cuti akademik supaya masa belajar kamu gak hilang begitu saja. Kalo gak ngerti, tanya WaDek Bidang Akademik.
- Kalo masuk FKUInya kepaksa dan gak suka .. jangan males2an belajarnya, sebaliknya berusahalah jangan sampe ngulang. Lewati semua secepat mungkin, dan tepat 6 tahun, persembahkan ijazah dokter itu ke orangtua kamu, selesailah tugasmu sebagai anak.. trus lakukan apa yang kamu suka lakukan. Gak rugi kok jadi dokter, kamu punya serep profesi. Kamu bisa jadi penulis (NoRiYu, calon SpKJ), designer fashion (Roy Panusunan, SpPD), designer dan exportir meubel (Ade Indrawan, SpRad), musisi (Aswin Sastrowardoyo, SpOG), bekas peragawati dan olahragawan berprestasi (Shannaz Nadia Yusharyahya, SpKK), pengusaha kafe (banyak ini mah), wartawan, politikus (banyak juga dulu sampe sekarang, our forefathers kan banyak yang dokter). Kalo seneng kerja buat orang, masuk perusahaan deh. Contohnya Gunawan (I know you read my blogs .. kata Wenji sih), Grace Wangge, Budi .. lah kok ke Pfizer semua yak? Oh ada, Susi Rendra.. Kalo gak suka kerja buat orang lain, jadi dokter aja buka praktek sendiri. Kalo gak berbakat, ga suka kerja 9 to 5, ga suka se-mata2 ngurusin pasieeen mulu… jadilah staf pengajar kayak gue. Enak, gak bosen dalam arti pekerjaannya kan bervariasi: mengajar, meneliti, meriksa pasien juga, konseling.. ketemu orang baru mulu (baca: ngeliat brondong yang tiap tahun makin muda aja.. eh, salah, gue yang makin tua.. huehue).

Nah gitu aja .. FKUI bukan Fakultas Keparat Universitas Indonesia kok… kalo dibikin enak, bisa enak kok. Ni yang bicara adalah orang yang gak pengen jadi dokter, masuknya juga kebetulan (bukan karena pinter tapi karena tahun 1976 itu KEBETULAN FKUI bereksperimen dengan memasukkan Bahasa Inggris dan Indonesia ke dalam kriteria masuk… akibatnya yang masuk ya yang ajaib2 kayak kita ya Nad.. mungkin ini yang di The Alchemist disebut ‘maktoub’.. udah jalannya). So.. enjoy the process!!!



yah, semoga aku bisa enjoy di FKUI

No comments:

Post a Comment