Tuesday, February 8, 2011

Dan sesungguhuhnya Hidup di dunia ini

.....hanyalah permainan dan senda gurau belaka

entah kenapa, akhir-akhir ini gw selalu kepikiran tentang akhirat. yah bukannya gw ga pernah mikir sebelumnya, cuma kali ini gw merasa lebih intens dan lebih dapet 'feel'nya.

terkadang gw menyesal hidup sebagai manusia, karena suatu saat nanti gw pasti akan diminta pertanggungjawaban atas semua yang gw lakukan. gw gatau kapan itu, tapi itu PASTI terjadi...kayak gw nunggu2 liburan aja, berasa masih lamaaa banget tapi pasti pada akhirnya gw akan liburan....yang ini juga, pasti pada akhirnya nanti gw akan mati. gw akan dibangkitkan kembali dan ditanya-tanyain.

sementara gw gabisa ngomong, tangan gw, kaki gw, dan lain2nya yang ngomong ngapain aja mereka dulu pas gw masih di dunia. serem tau kalo dibayangin. gw negbayanginnya sih kayak di persidangan gitu, gw terdakwa, dan gw ga punya pengacara yang belain gw, gw hanya punya saksi2 yang gw sendiri ga tau mereka bakal bantu gw atau malah tambah ngrepotin gw dengan kesaksian yang jelek2.

trus apa jadinya kalo gw ga lulus persidangan itu? kalo gw ga lulus ujian di dunia? iya, gw umpamakan di dunia ini gw belajar dan ujian...tapi raportnya ga dikasih2 ke gw, tau2 nanti di akhirat udah disodorin aja. entah gw menerimanya dari belakang punggung (naudzubillah) atau dari depan dengan muka sumringah (amin). kalo raport gw jelek, timbangan amal gw berat jeleknya, gw bakal dilempar ke neraka (NAUDZUBILLAH). tidak. gw gamau disuruh minum air mendidih. gw gamau diadzab dengan adzab yang paling pedih.

aduh serius kalo udah kaya gini gw takut banget. gw nyesel kenapa gw dilahirkan. kalo gw ga hidup kan gw ga perlu ditanya2in dan masuk neraka :(. atau kenapa gw ga keburu meninggal sebelum gw akil baligh. sebelum gw mempertanggungjawabkan sendiri semua perbatan gw, walau sebesar dzarrah pun itu kebaikan atau kejelekan.

kalo dipikir-pikir, hidup di dunia ini emang bener2 kayak permainan aja, sampingan aja. tujuan akhirnya kan tetep Allah. kaya kalo sekarang aja nih, gw kuliah di FKUI. tujuan utama gw belajar biar jadi dokter yang mantap. kalo ikut2 organisasi, boleh banget, tapi itu bukan tujuan utama gw kuliah. tujuan utamanya tetep belajar

sama kayak idup. gw kuliah mati2an gini cuman sampingan aja. tujuan sebenarnya gw ya beribadah kepada Allah, karena memang hanya kepadaNya lah nanti gw akan, dan PASTI, akan kembali. mestinya memang semua yang gw kerjakan gw niatkan hanya untuk beribadah kepadaNya.
Dan Tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepadaku. (Adz-Dzariyat:56)


buat pa gw kuliah nggethu2 kalo tidak gw niatkan untukNya? toh Dia ga akan nanya berapa IP gw. Dia akan nanya dipake buat apa saja ilmu yang gw dapat? seberapa bermanfaat gw buat orang lain?

hiks. apalgi tadi gw habis belajar sel. bener2 subhanallah banget.....betapa Maha Besar dan maha Kuasanya Dia. gw apa sih. manusia memang cuma bisa sombong dan sok tahu. padahal manusia cuman makhluk kecil dibanding alam semesta Allah yang luas ini.

Semua yang bernyawa pasti akan mati. mitokondria pasti mati, dicerna lisosom. sel pasti mati, mungkin saja diinfeksi virus atau memang sudah terlalu pendek DNAnya. manusia pasti mati. dan manusia akan dibangkitkan kembali untuk dimintai pertanggungjawabannya

masalahnya gw gatau kapan gw akan mati. saat di mana sudah tidak ada lagi kesempatan buat gw untuk memperbaiki diri, untuk mohon ampun padaNya. seringkali hati merasa sudah layak di hadapanNya. Namun justru perasaan 'sudah layak' itulah yang jelas membuktikan bahwa gw 'sangat tidak layak'

Wallahu a'lam. Allahummakhtim lanaa bil iimaan. Allahummakhtim lanaa bil islaam. Allahummakhtimlana bihusnil khootimah. AMIN.

No comments:

Post a Comment