Saturday, February 26, 2011

Happiness is Choice

gw teringat kata2 pak har, guru ppkn sma gw. bahwa "jangan gantungkan kebahagiaan kamu pada orang lain. Yang bisa membahagiakan kamu adalah kamu sendiri"


iya sih, terkadang kita terlalu bergantung pada keadaan atau pada orang lain, sehingga dikit aja mereka mengecewakan kita, kayaknya kebahagiaan langsung runtuh begitu saja. sebenernya apa2 saja sih yang bisa bikin bahagia?

COMPANIONSHIP.
jelas lah ya, manusia adalah makhluk sosial yang gabisa hidup tanpa orang lain. Pasti menyenangkan kan, rasanya punya mama, temen, adik, bahkan sekedar piaraan yang setia dengerin omongan kita pas lagi galau-galaunya. emang bad things always happen, tapi ada mereka yang selain bersedia mendengar kita nyampah, juga memberikan sisi lain agar kita bisa lebih jernih menerima masalah.

BALANCE.
pernah ga sih mikir kenapa habis nangis rasanya jadi lega? ada sih penjelasan ilmiahnya, karena saat menangis, tubuh mengeluarkan hormon-hormon (ada di catetan, gw lupa:p) yang menenangkan kerja otak. tapi ada penjelasan yang lebih filosofis dari itu (ciee). bahwa manusia pada dasarnya butuh sedih, butuh gagal, butuh putus asa. bayangkan kalo misalnya kita selalu berhasil di tiap usaha yang kita lakukan. ga akan ada perasaan bahagia itu. memang kita perlu sedih, untuk tahu gimana rasanya senang. perlu mengalami gagal agar lebih bersyukur saat sukses dalam setiap effort kita.

MATERIAL STUFF.
money is not everything, but everything needs money. pernah denger kan? ga bisa dipungkiri memang kecukupan material memberikan kepuasan tersendiri. walau memang tidak selalu menjamin, karena uang tidak bisa membeli kebahagiaan. tapi gini aja deh. kalo g ada uang, gimana bisa traktir dan bersenang2 sama temen2? ini relatif banget sih sebenarnya :p

DREAMS and DESIRE
hidup adalah perjuangan. perjuangan apa? tentu meraih mimpi-mimpi kita. sadar atau tidak, sebenarnya kita bertindak berdasarkan mimpi-mimpi kecil tiap harinya. karena mimpi itulah yang membuat kita hidup, that makes us who we are. jika punya mimpi, kita akan melakukan apapun demi mewujudkannya. dan saat the dreams come true, rasa bahagianya akan jadi tak terkira!

OURSELVES.
yang bisa bikin kita bahagia ya diri kita sendiri. uang banyak, muka cantik, kuliah oke, keluarga rukun. kedengarannya perfect kan? tapi ga jarang juga tuh orang2 seperti itu mengalami depresi. sebenarnya persepsi "senang" atau "bete" itu kan dari kita sendiri. misalnya aja lo ketinggalan kereta. bagi orang yang memilih "bete" dia akan merengut seharian dan merutuk2, ga sadar bahwa kereta berikutnya udah siap di depannya. tapi orang yang pilih "senang" ya mikirnya "keretanya uda berangkat? sipsip berarti gw bisa beli minum dulu, bisa nelpon mama dulu, bisa baca2 dulu, sambil nunggu kereta berikutnya". See? Happiness is really a Choice!



-adapted from GoGirl!-

No comments:

Post a Comment