Tuesday, May 3, 2011

teman-teman itb

selama ini gw menganggap diri gw adalah mahasiswa yang sangat sangat sibuk, sampe kadang2 gw merasa 'aduh kapan nih gw tidurnya, nanti gw obesitas lagi' haha mentang2 proposal riset gw ttg hubungan kurang tidur dengan obesitas :p

tapi semenjak gw bermain ke bandung, mengunjungi teman2 gw yang kuliah di suatu institut yang katanya terbaik di negeri ini,persepsi gw tentang "mahasiswa sibuk" berubah total.

sebelumnya gw cerita dulu rutinitas mingguan gw di fkui ya. jadi kebanyakan kuliah gw dimulai jam7 pagi, ga beda dg pas SMA dulu. dan rata2 selesai jam 3 sore. ada kalanya di tengah2 hari kuliahnya kosong, namun ga jarang juga full dari pagi ampe sore. istirahatnya satu jam dari jam 12-1. dan selepas kuliah, jam stg 4 an, biasanya ada rapat2 atau ngumpul2 organisasi. tapi rata2 selesai jam 5 atau setengah 6, dan ga pernah lebih dari jam stg7 lah maks. pokoknya kampus gw yang seram dan gedungnya baheula itu, biasanya jam6 ke atas sudah sepi. lapangan parkirnya lengang, beda banget kalo lo dateng jam 7 pagi (mobilnya banyak sekali sampai2 lo gabisa jalan, lo harus miring2in badan dan ngelipetin spion2nya mobil tsb). sabtu minggu, seringkali memang ada acara. tapi jarang banget dua-duanya. misalnya kalo sabtu ada acara, minggunya biasanya kosong. dan sebaliknya. paling kalo sabtu minggu ada , ya cuma nensi di senayang buat fund raising..

berbeda dengan para mahasiswa institut ini. pada hari kerja, kuliahnya mulai sama kayak gw, dari jam7 pagi. tapi mereka baru selesai jam 6 sore. iya sih, mereka tp istirahatnya lebih panjang dari jam 11-2. wehe lama kan ya..tp tetep aja habis itu mereka ada kuliah lagi sampe jam6. dan habis itu mereka baru melakukan kegiatan2 organisasi lain, sampe jauh malam, kadang jam 10 bahkan jam11. jadi suasana malamhari di kampus mereka justru lebih rame, makin malem makin rame. beda banget sama kampus gw. gw kebayangnya mereka pulang jam segitu pasti capek banget deh, kapan ngerjain tugas kuliahnya ya. apa justru mereka ga ada tugas (haha iri, tapi ga mungkinlah ya, pasti ada). terus sabtu minggu mereka tak jarang juga masih harus ke kampus, ada perwalian, ngumpul ini itu, latihan ini itu, segala macam lah. hmm combo banget! padahal kuliahnya mereka kan susah banget. gw liat kerjaannya mereka yang kalkulus2 advanced gitu, terus fisika2, pokoknya sederetan angka dan fungsi2 yang bikin gw hanya dengan melihatnya saja pusing tujuh keliling. (apa gw doang ya yang ga biasa dengan kerjaan model begini? :p)

dan salutnya, mereka tampak enjoy menikmati itu semua. mereka masih semangat ikut latian2, mulai dari marching band sampe capoeira. masih semangat dateng rapat dan kumpul2, di manapun rapatnya. masih semangat juga dateng perwalian walaupun cuma bengong ngedengerin doang haha. dan yang jelas masih tidak melupakan kewajiban utamanya sebagai mahasiswa yaitu belajar, dimana notabene mereka ujiannya tiap minggu loo..yah walaupun gw amati sih kadang tugas kuliah mereka terbengkalai dan suka numpuk, tapi mereka tetep berusaha menyelesaikannya dg bertanggung jawab. haha.

yah salut deh gw untuk teman2 institut terkemua di indonesia ini ^^
semoga kerja keras kalian berbuah manis di akhirnya, amiiin

satu pelajaran yang gw petik: cintailah apa yang kamu lakukan, meskipun pahit rasanya ;)

No comments:

Post a Comment